Gratis! Antivirus Terbaik (2019 Update) yang Cocok Untuk PC

antivirus terbaik pc

Antivirus Terbaik 2018 (Pixabay)

Seperti kita ketahui, saat ini banyak sekali ditemukan berbagai jenis Antivirus untuk PC atau laptop yang beredar di pasaran. Bahkan banyak yang memberikan embel-embel gratis yang ujung-ujungnya ternyata kurang mumpuni atau kemampuannya sangat terbatas dibandingkan dengan versi berbayarnya. Nah pertanyaan yang biasanya sering muncul dikalangan awam pecinta Antivirus Gratisan adalah:

Apa rekomendasi Antivirus terbaik yang bisa digunakan?

Yup bisa dimaklumi, pastinya jika bisa gratis kenapa harus bayar kan? Tapi ada yang harus diingat bahwa para pengembang Antivirus tersebut juga membutuhkan dana untuk riset dan biaya operasionalnya. Itulah sebabnya kenapa kualitas Antivirus gratisan tentu saja tidak akan bisa sebaik Antivirus yang berbayar.

antivirus terbaik windows 10

Credit: Pixabay

Antivirus memang merupakan suatu komponen penting dalam komputer yang tidak bisa kita anggap remeh. Yaitu merupakan software yang sangat membantu kita dalam upaya melindungi  PC atau Laptop dari serangan virus yang bisa datang kapan saja. Entah itu pada saat membuka Email, melakukan download ataupun berbagi file melalui flashdisk dan perangkat lainnya. Apalagi mengingat belum lama ini dunia dihebohkan dengan penyebaran Ransomeware Wannacry yang sangat berbahaya. Dimana virus yang sengaja disebarkan oleh Hacker ini mampu menyandera data di komputer dan hanya akan dibukakan (unlock) apabila si korban telah membayar tebusan dengan nominal tertentu.

Tentunya kamu tak ingin mengalami hal seperti itu bukan? Itulah mengapa menggunakan Antivirus bisa dibilang merupakan kewajiban. Terutama jika kamu terhubung dengan jaringan internet ataupun melakukan pertukaran data dengan pihak lain, baik itu secara online ataupun hardware seperti  melalui flashdisk dan perangkat lain sejenisnya.

Untuk mengetahui apa saja Antivirus terbaik 2018 (versi gratis) yang direkomendasikan oleh para expert,  berikut  adalah listnya yang dikutip dari berbagai sumber.

Yuk kita simak pemaparannya disini!

5 Antivirus Terbaik 2018 - PC dan Laptop

 *) Urutan bukan merupakan Ranking

1.  Avira Free Security Suite

antivirus terbaik 2017

Credit: Pcmag

Avira merupakan salah satu antivirus paling ringan dan ampuh yang bisa dipilih. Versi gratisannya telah menawarkan berbagai macam kelebihan yang layak diperhitungkan. Mampu melakukan proteksi PC dari serangan virus, adware, spyware, maupun program back-door dan perangkat lunak berbahaya lainnya.

Avira mempunyai mesin heuristik (heuristic engine) yang cukup canggih di kelasnya yang mampu mendeteksi malware / virus baru yang belum pernah diketahui sebelumnya. Fitur yang ditawarkan oleh avira juga unik, yang kadang tidak selalu ada pada antivirus pesaingnya. Antivirus ini kompatibel untuk digunakan dalam sistem operasi berbasis Windows seperti: XP, Vista, Windows 7, 8 dan 10.

Kelebihan

  • Melindungi dan memberi keamanan dari berbagai jenis malware / virus, baik virus-virus sederhana maupun berbagai virus yang lebih kompleks dan canggih.
  • Memiliki fitur heuristik yang canggih dan bisa mengidentifikasikan virus secara otomatis.

Kekurangan

  • Versi gratisnya hanya boleh dipergunakan secara personal (user rumahan).
  • Proses instalasinya membutuhkan waktu lebih lama jika dibandingkan dengan mayoritas Antivirus lainnya.
  • Melakukan penginstalan pada toolbar saat proses setup berlangsung, yang kadang bisa mengurangi kenyamanan saat ber-browsing.

2. Avast Free Antivirus

daftar antivirus terbaik didunia

Credit: Accuratereviews

​Pilhan kedua yang bisa dicoba adalah Avast. Brand yang satu ini termasuk salah satu Antivirus ringan dan handal yang memiliki perlindungan dan tingkat keamanan terbaik dibandingkan kompetitornya. Avast juga memiliki 2 versi yaitu gratis dan berbayar. Untuk versi gratisnya, kemampuannya pun tidak bisa dianggap remeh. Berbekal mesin heuristik yang canggih, avast sangat direkomendasikan untuk kamu yang membutuhkan software yang khusus berfungsi sebagai Antivirus dan Antispyware.

Avast menawarkan perlindungan yang bersifat real-time mulai dari pesan instan, pertukaran file dan bahkan mampu mendeteksi perilaku (software) yang tidak wajar dan mungkin berbahaya. Avast juga bisa melakukan scan otomatis secara berkala untuk mendeteksi software-software yang dianggap berbahaya.

Antivirus yang satu ini juga menawarkan fitur canggih lain seperti bootscan yang mampu melakukan proses scan pada komputer sebelum masuk ke dalam sistem. Hal ini membuat proses scan menjadi maksimal dan diklaim mampu membersihkan virus secara menyeluruh. Avast bisa dioperasikan pada berbagai sistem operasi Windows seeprti, Windows XP, Vista, Windows 7, 8 dan juga Windows 10.

Kelebihan​

  • ​Proses instalasinya cukup mudah dan cepat.
  • Avast menawarkan perlindungan yang sangat baik terhadap berbagai macam virus dan malware.
  • Mampu mendeteksi ancaman-ancaman dari virus baru yang sebelumnya tidak diketahui.
  • Mempunyai fitur yang disebut Silent Mode, yang berfungsi untuk menyembunyikan lansiran saat anda sedang bermain game atau sedang melakukan aktivitas lain.

Kekurangan​

  • ​Hanya Home Use Only, tidak diperkenankan dipakai dalam lingkungan perusahaan (bersifat komersial).
  • Seringkali melakukan proses penginstalan / update terhadap perangkat lunak lain yang tidak memiliki keterkaitan dengan Avast.
  • Harus melakukan proses registrasi secara berkala dalam kurun waktu tertentu.
  • Sering memunculkan pop-up, berbagai iklan promosi dari Avast.

3. AVG Antivirus

antivirus terbaik dan ringan

Credit: Pcmag

Selanjutnya Antivirus terbaik 2018 lain yang bisa dijadikan rekomendasi adalah AVG. Software Antivirus ini juga cukup sakti dalam dalam memblokir dan menghapus berbagai virus dan malware yang berbahaya.

AVG sudah cukup terkenal di Indonesia. Versi gratisnya pun sudah cukup baik dan bisa melakukan perlindungan yamg cukup optiomal terhadap PC atau laptop.

Kelebihan

  • ​Aman jika terjadi kesalahan deteksi.
  • Tidak seperti antivirus lain yang biasanya langsung menghapus file / virus yang terdeteksi, AVG biasanya hanya melakukan karantina.
  • Mempunyai keunikan tertentu seperti linkscanner, yaitu fitur yang dapat melakukan scan terhadap keamanan tautan diwebsite yang sedang dijelajahi oleh user lewat browser.

Kekurangan

  • ​Seringkali salah mengidentifikasi file exe sebagai virus.
  • Penggunaannya agak rumit dan kurang simpel sehingga kurang bersahabat dengan pengguna yang masih pemula.

4. Norton Security

antivirus terbaik windows 10

Credit: Pcmag

Antivirus selanjutnya adalah Norton. Disamping handal menjaga keamanan sistem komputer, Norton juga sangat responsif (cepat tanggap) terhadap permasalahan yang muncul dalam upaya mendeteksi ancaman dari berbagai virus baru.

Fitur unggulan lain dari software Antivirus ini adalah kemampuannya untuk melakukan backup file. Jika kamu tak sengaja menghapus software tertentu, maka Norton bisa membatalkan aksi tersebut (baca: undo) dengan mengembalikan file-file yang terhapus kembali ke lokasi semula. Norton men-support hampir semua PC atau Laptop berbasis Windows (contoh: XP, Vista, Win 7, Win 8, dan Win10).

Kelebihan

  • ​Mendeteksi malware/virus dengan sangat baik dan responsif.
  • Melakukan scan dengan sangat detil dalam waktu yang relatif singkat• Mempunyai antar muka (interface) yang mudah dalam penggunaannya (user friendly).

Kekurangan

  • ​Kekurangan utama yang dirasakan user biasanya kinerja sistem menjadi sedikit lambat / berat.
  • Kemudian juga Start-up komputer biasanya relatif lambat.

5. Smadav

antivirus smadav terbaru

Credit: Pcmag

Banyak Antivirus luar yang diklaim efektif dan memiliki berbagai fitur canggih. Tapi faktanya, tidak semua Antivirus luar tersebut mampu menangani virus lokal. Itulah yang menjadi alasan kemunculan Antivirus yang diberinama Smadav ini.

Dalam beberapa kasus memang hal ini bisa terjadi. Terkadang Antivirus yang berasal dari luar negeri bisa kurang efektif menangani virus lokal karena karakter virus lokal yang berbeda sehingga belum terdeteksi dan tidak tersimpan dalam virus database yang mereka miliki. Yang harus dicatat, jangan memfungsikan Smadav sebagai Antivirus utama, melainkan hanya sebagai Antivirus pendamping (tambahan) saja. Hal ini karena Smadav memang tidak mampu mengatasi virus-virus asing dan hanya difokuskan pada virus yang beredar secara lokal di Indonesia saja.

Sebagai Antivirus tambahan, Smadav memang sangat ringan dan sederhana dengan ukuran instalasi file yang tak lebih dari 5MB. Smadav juga men-support berbagai sistem operasi berbasis windows yang beredar dipasaran. Mulai dari Win XP, Win Vista, Win 7, 8 dan Win 10.

Kelebihan

  • ​Efektif mendeteksi dan membasmi berbagai virus lokal yang berbahaya.
  • Sangat kompatibel untuk disandingkan dengan antivirus lainnya (sebagai Antivirus pendamping).
  • Memberikan perlindungan dan keamanan yang cukup baik terhadap koneksi external seperti flashdisk, memory card dan perangkat sejenis.

Kekurangan​

  • ​Belum mampu melakukan proteksi terhadap virus asing, hanya cocok untuk mengatasi virus lokal di Indonesia.

Itulah beberapa list Antivirus Gratis Terbaik 2018 yang bisa dipertimbangkan. Setiap Antivirus memang memiliki karakteristik, kelebihan dan kekurangan masing-masing. Agar tak salah pilih, berikut beberapa hal utama yang sebaiknya kamu perhatikan dalam memilih Antivirus terbaik:

  1. Kemampuannya mendeteksi berbagai virus, karena tidak semua software yang di klaim bagus ternyata efektif dan benar-benar bagus saat digunakan.
  2. Pengaruhnya terhadap kinerja komputer. Terutama untuk komputer / laptop yang memiliki dapur pacu yang relatif standar seperti berbasis prosesor Celeron, Atom atau yang hanya memiliki Ram kecil.
  3. Jika sering online, pertimbangkan juga untuk menginstal Smadav sebagai Antivirus kedua yang bisa memproteksi Komputermu dari serangan-serangan virus lokal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *