Cara Cerdas Memilih Baju Senam Zumba yang Nyaman

baju senam zumba

Baju Senam Zumba (Justtrendygirls)

Olah raga memang sudah terbukti memiliki berbagai manfaat yang tidak bisa diabaikan. Selain bisa menurunkan berat badan, rajin berolahraga membuat tubuh lebih kebal terhadap serangan penyakit, bisa menghilangkan stres dan bahkan mampu membangkitkan semangat positif dalam diri kita.

Jika kamu masih beranggapan bahwa olahraga itu memberatkan dan membosankan, buang jauh-jauh pikiran tersebut. Ada banyak jenis olahraga menyenangkan yang bisa kamu jalani dengan mudah dan bahkan bisa dilakukan di rumah, salah satunya ialah zumba.

 

Apa itu Zumba?

Zumba biasanya ditemukan di berbagai tempat fitness dan kebugaran sebagai program aerobik. Yaitu merupakan jenis senam yang melibatkan gerakan-gerakan yang terinspirasi dari tarian Amerika Latin, bahkan tak jarang menggunakan musik dansa latin sebagai pengiringnya.

Namun, kini zumba makin berkembang mengikuti zaman. Gerakan zumba pun semakin beragam, tak selalu menggunakan koreografi dansa ala Amerika Latin. Tak hanya menggunakan musik latin tapi sudah banyak gerakan zumba yang diiringi musik barat bahkan K-Pop (korean pop) yang sedang tren. Itulah sebabnya kenapa zumba bisa dijadikan pilihan olahraga yang menyenangkan dan membuatmu tak terbebani untuk menjalankannya. Kemudian jika tak sempat pergi ke Gym, kamu bahkan juga bisa melakukannya sendiri di rumah dengan melihat video koreografi zumba yang banyak beredar di Youtube.

Banyak kalangan menyukai koreografi zumba dan alunan musik dance modern. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun bisa mengikuti zumba sebagai bentuk kegiatan olahraga sehatnya. Anak-anak yang mudah bosan tentunya memerlukan kegiatan olahraga yang menyenangkan seperti ini agar kesehatan tubuh dan staminanya tetap terjaga.

Jenis senam zumba anak yang popular adalah zumbatomic, yaitu senam zumba yang diperuntukkan bagi anak-anak usia 4-12 tahun. Zumbatomic memiliki koreografi yang sederhana dan menyenangkan sehingga mudah diikuti oleh anak-anak. Selain mampu meningkatkan koordinasi tubuh anak, zumbatomic juga bisa meningkatkan rasa percaya diri pada anak.

 

Berbagai Model Baju Senam Zumba 

Untuk melakukan zumba, kostum olahraga yang tepat juga diperlukan. Berikut referensi beberapa model baju senam zumba yang bisa dicoba.

Baju Senam Zumba Wanita

#1 Bra Top / Crop Top

Untuk pilihan atasan, crop top atau bra top bisa dijadikan pilihan sebagai baju senam zumba. Crop top atau bra top dengan potongan di atas perut akan membuat lebih leluasa bergerak saat melakukan gerakan senam zumba.

jual baju zumba fitness
baju senam terbaru

Credit: Visual Hunt

#2 Spaghetti Strap Top

Model spaghetti strap top juga cocok dikenakan untuk zumba. Atasan tanpa lengan dengan tali kecil mirip spaghetti ini akan membuatmu tetap nyaman selama melakukan senam zumba.

baju zumba party

Credit: Visualhunt

 

#3 Sleveeless Top

Referensi busana senam zumba lain yang tetap membuatmu bebas bergerak adalah sleeveless top atau atasan dengan model tanpa lengan.

baju senam zumba

Credit: Visualhunt

 

#4 Kaos

Baju senam zumba berupa kaos juga bisa digunakan. Tapi ingat, pilih kaos dengan bahan yang menyerap keringat dengan sempurna dan tidak membuat keringat menempel pada kulit.

baju senam terbaru

Credit: Tokopedia

 

#5 Sport Bra

Gunakan bra yang mampu menahan payudara dari pergerakan berlebihan saat melakukan zumba. Pilih sport bra yang benar-benar bisa menyerap keringat. Hindari memakai bra berbahan katun karena jenis bahan ini akan menyerap keringat namun membuatnya tetap tertinggal di pakaian sehingga keringat akan menempel pada kulit dan bisa menimbulkan iritasi. Ganti bahan katun dengan wicking fabric yang mampu menyerap keringat lalu membuatnya cepat menguap dan menghilang. Keringat pada bra jadi cepat kering dan tidak menempel pada tubuh.

jual baju senam zumba murah

Credit: id-pinterest.com

 

#6 Jazz Pants

Untuk bawahan, kamu bisa memadukan atasan yang dikenakan dengan classic leg jazz pants. Setelan celana panjang dengan bentuk makin melebar ke bawah ini akan sangat cocok dipadupadankan dengan atasan crop top atau bra top.

jual baju zumba fitness

Credit: Dancemania

 

#7 Celana Legging

Kemudian, kamu juga bisa gunakan celana senam legging. Celana senam ini tersedia dalam ukuran panjang atau pendek setengah betis. Bentuk legging yang elastis mengikuti lekuk tubuh akan membuat nyaman dan lebih leluasa bergerak mengikuti gerakan senam zumba.

baju senam zumba original

Credit: Visualhunt

 

#8 Paisley Pants

Model celana lain yang bisa dicoba untuk melengkapi baju senam zumba adalah paisley pants. Paisley pants adalah celana longgar dan tidak ketat sehingga sangat ideal digunakan saat berolahraga terutama zumba. Paisley pants dari  LEE VIERRA untuk busana senam ini bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp 100 ribu di Lazada. Dengan bahan campuran poliester dan rayon, paisley pants ini ringan sehingga membuat bebas bergerak, elastisitasnya tinggi serta mampu mengatur kelembaban tubuh agar tidak terlalu basah oleh keringat.

celana senam zumba

Credit: Lazada

 

Baju Senam Zumba Pria

#1 Kaos / Sleeveless

Baju senam zumba untuk pria pastinya berbeda dari wanita tapi ingatlah untuk selalu memperhatikan bahan pakaian yang baik untuk olahraga dengan banyak gerakan kardio seperti zumba. Kaos atau Sleeveless top bisa dipilih sebagai baju senam zumba.

baju senam zumba

Credit: Bluemaize

baju zumba

Credit: Fitnessfactoryzumba

#2 Celana Pendek Selutut

Untuk bawahan, bisa menggunakan celana pendek selutut. Pastikan untuk memilih celana yang longgar untuk melakukan senam zumba. Celana yang terlalu ketat akan membuat sulit bergerak leluasa memeragakan gerakan senam zumba.

baju senam terbaru 

Credit: Visualhunt

 

#3 Celana Training / Joger Pants

Selain itu jogger pants atau celana training seperti gambar dibawah cocok juga digunakan dalam senam Zumba. Karena kedua jenis celana ini bisa membuat penggunanya leluasa dalam melakukan gerakan-gerakan Zumba yang dinamis.

jual baju senam zumba murah

Credit: Bluemaize

jual baju senam zumba murah

Credit: Fitnessfactoryzumba

Baju Senam Zumba Muslimah

#1 Paduan Kaos dan Celana Training

Untuk para muslimah, salah satu model baju senam zumba yang cocok bisa dilihat dibawah. Padukan atasan kaos yang tidak terlalu ketat dengan celana training panjang yang longgar agar bisa melakukan senam zumba dengan leluasa.

 baju senam muslimah

Credit: Dailymail

 

#3 Paduan Kaos Lengan Panjang dan Skirt Pants

Atasan kaos lengan panjang dipadukan dengan skirt pants adalah pilihan busana senam zumba bagi muslimah yang tetap ingin tampil stylish. Selain itu, skirt pants dengan celana panjang yang dijahit menyatu dengan luaran rok membuatmu tak perlu memakai bawahan yang berlapis-lapis. Pemakaian pun jadi lebih praktis dan nyaman untuk senam zumba.

zumba muslimah

Credit: Nashata

 

#4 Model Sporty Muslimah

Untuk tampilan boyish yang tetap stylish saat zumba, model baju senam sporty ini juga bisa digunakan. Padukan celana jogger dengan kaos lengan panjang sebagai dalaman lalu tambahkan kaos tipis lengan pendek sebagai luaran.

baju zumba muslimah

Credit: Gambarbusanamuslim

 

Busana senam zumba untuk muslimah sebaiknya tidak menggunakan atasan maupun bawahan yang terlalu ketat hingga tak akan menampakkan lekuk tubuh. Selain itu, baju senam yang sedikit longgar akan membuat lebih mudah bernapas dan leluasa melakukan gerakan zumba.

 

Baju Senam Zumba Anak

Tak hanya milik orang dewasa, zumba juga bisa dijadikan senam sehat untuk anak-anak. Gerakan zumba yang variatif ditambah dengan alunan musik tidak akan membuat anak-anak mudah bosan. Itulah kenapa senam zumba juga bisa diikuti oleh anak-anak. Tak ada salahnya mengenalkan zumba pada anak-anak sejak dini karena dengan cara inilah mereka bisa mendapatkan tubuh yang sehat dengan cara yang menyenangkan.

Busana senam zumba untuk anak-anak juga harus mementingkan kenyamanan. Pilihan baju senam aerobik yang colorful atau warna-warni akan membuat anak-anak makin senang dan bersemangat megikuti zumba.

Atasan baju senam yang pas untuk anak-anak adalah sleeveless top dan kaos lengan pendek atau panjang. Sedangkan untuk bawahan bisa gunakan jogger pants, legging atau celana pendek agar lebih bebas bergerak mengikuti koreografi senam zumba.

baju zumba party

Credit: Referralcandy

 

Pastikan baju senam zumba untuk digunakan anak-anak ini tidak terlalu ketat sehingga menghambat pergerakan mereka saat melakukan zumba. Jika menggunakan legging, carilah legging dengan bahan yang elastisitasnya tinggi agar tubuhnya bisa tetap bebas bergerak.

Itu tadi berbagai pilihan model baju senam zumba yang bisa dijadikan referensi. Tentunya kamu bebas memadupadankan busana senam zumba tersebut sesuai dengan gaya dan kebutuhan yang diinginkan.

Ternyata pakaian senam berbahan katun bisa membuat keringat terperangkap dan menyebabkan iritasi pada kulit!

Click to Tweet

Hal penting yang harus perhatikan adalah hindari atasan atau bawahan yang terlalu ketat dan tidak elastis. Cari bahan baju dengan bahan yang breathable agar tidak meninggalkan keringat yang menempel pada kulit. Kemudian berikut beberapa tips yang perlu kamu perhatikan agar jangan sampai salah dalam memilih baju zumba.

  1. Jangan kenakan pakaian berbahan katun  Bahan katun memang dikenal ampuh cepat menyerap keringat. Tapi sayangnya, tak begitu dengan proses penguapan keringatnya. Hal ini dikarenakan bahan katun yang tidak breathable sehingga membuat keringat terperangkap di dalamnya. Jika hal ini dibiarkan, keringat yang terlalu lama menempel di kulit tubuh bisa menimbulkan gatal-gatal dan iritasi kulit. Jadi sebaiknya ganti bahan katun dengan wicking fabric, yaitu bahan yang breathable dalam artian menyerap keringat lalu membuatnya menguap hingga keringat cepat kering dan tidak menempel pada tubuh.
  2. Hindari mengenakan atasan yang terlalu longgar  khusus untuk wanita, perlu diingat bahwa banyak gerakan melompat dan berbagai gerakan aktif lainnya saat melakukan zumba. Atasan yang terlalu longgar bisa saja terjatuh melorot tanpa kamu sadari saat senam zumba. Pastinya kamu tidak mau menahan malu jika hal ini terjadi, bukan? Oleh sebab itu, pilihlah busana yang fit-to-body dengan elastisitas yang baik sehingga tetap nyaman dalam melakukan berbagai gerakan zumba.
  3. Jauhi pemakaian pakaian dalam yang ketat – Saat menggunakan celana senam yang ketat, kebanyakan wanita menghindari penggunaaan celana dalam yang menunjukkan garis pinggirannya yang akan tampak jelas dari luar. Tak perlu khawatir, solusinya adalah gunakan celana dalam tanpa garis pinggir sehingga kamu tak perlu takut garisnya akan tercetak di celana senam yang ketat. Intinya tetap kenakan celana dalam yang nyaman saat berolahraga dan pastinya dengan bahan wicking fabric agar kelembaban area vital tetap terjaga.
  4. Jangan gunakan baju yang berlapis-lapis – Tak sedikit wanita mengenakan pakaian berlapis-lapis saat zumba dengan tujuan agar tubuh lebih banyak mengeluarkan keringat dan percaya dengan begitu berat badan akan makin cepat menurun. Cara ini sama sekali tidak dianjurkan. Perlu diingat bahwa koreografi dari zumba itu sendiri sudah sangat menguras keringat jadi cukup pakai satu baju saja agar keringat bisa terserap dengan baik. Selain itu, baju senam zumba yang berlapis-lapis akan membuat sulit untuk mengikuti gerakan zumba. Jadi kenakan pakaian yang senyaman mungkin untuk zumba.

Setelah kamu tahu apa itu zumba, tips memilih pakaiannya serta melihat berbagai model yang cocok, kini kamu sudah siap untuk berzumba-ria.

Tertarik hidup sehat dengan zumba yang full of fun?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *