Harga Samsung Galaxy S8 dan S8+: Terlalu Mahal?

harga samsung galaxy s8 dan s8+

Credit: Cnet

Penggemar hi-end smartphone di tanah air pastinya bertanya-tanya: Berapa Harga Samsung Galaxy S8 dan S8+ di Indonesia?

Yup, belum lama ini Samsung baru saja merilis secara resmi Samsung Galaxy S8 dan S8+ untuk pasar Indonesia. Bila dibandingkan dengan ponsel pintar sebelumnya, yakni Galaxy S7 dan S7 Edge, kedua flagship terbaru tersebut memang memiliki kapasitas memori lebih besar, yaitu sebesar 64 GB. Sehingga tentu saja pengguna dapat menyimpan lebih banyak data pada Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus.

Selain itu, keduanya dibekali dengan beraneka macam fitur terkini seperti layar “infinity display” berukuran 5,8 inci untuk Galaxy S8, sedangkan Galaxy S8 Plus dibekali dengan layar jenis yang sama berukuran 6,2 inci. Beberapa spesifikasi lainnya yang dibenamkan antara lain prosesor Exynos 8895, RAM sebesar 4 GB, baterai berkapasitas 3.000 mAh, kamera utama beresolusi 12 megapiksel, dan kamera depan dengan resolusi 8 megapiksel.

Ada juga beberapa fitur canggih seperti teknologi asisten digital Bixby yang berbasis artificial intelligence dan teknologi pengenal wajah serta iris mata untuk sekuriti. Ada tiga varian warna yang bisa dipilih di Indonesia, yaitu maple gold, orchid grey, dan midnight black.

 

Fitur Unggulan

Berikut ini merupakan fitur unggulan dari Galaxy S8 dan Galaxy S8+ yang perlu kamu ketahui.
harga samsung s8 plus

Credit: alluremedia

Desain yang mewah dan stylish

Kedua smartphone ini hadir dengan tampilan desain bezel tips dan rasio layar yang berukuran lebih lebar apabila dibandingkan dengan seri Galaxy S sebelumnya. Apabila selama ini Samsung sering menghadirkan tombol Home fisik pada setiap smartphone buatannya, pada produk buatannya kali ini berbeda karena Samsung justru membenamkan tombol navigasi pada layar. Kemudian tampilannya semakin terlihat mewah karena disematkan Corning Gorilla Glass 5 pada bagian belakang bodi ponsel pintar ini.

Layar yang nyaman dan lega

Jika kamu merasa kurang puas dengan smartphone berlayar 5 inci, tenang saja karena ponsel ini dibekali dengan layar Super AMOLED berukuran 6,2 inci dengan desain melengkung. Sedangkan resolusi layarnya menggunakan WQHD 2.960 x 1.440 piksel. Untuk melindungi layarnya, Samsung menggunakan Corning Gorilla Glass pada fitur ini, kemudian fitur Always-on Display yang dapat digunakan untuk melihat notifikasi pada smartphone. Fitur yang satu ini menjadi andalan Samsung pada beberapa smartphone flagship-nya.

Kapasitas hardware yang superior

Dilihat dari segi performa, tentu Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+ dapat diandalkan. Menurut Droidlime, dengan adanya Exynos 8895, multicore processor-nya mampu meraih skor Antutu benchmark sebesar 174.155 poin. Tentu skor ini mampu mengalahkan iPhone 7 Plus yang memiliki skor 173.110 poin. Kemudian untuk mendukung kinerja dapur pacunya, smartphone ini dibekali dengan RAM sebesar 4 GB dan memori internal 64 GB. Namun menariknya, untuk unit yang dijual di China bahkan dibekali dengan RAM sebesar 6 GB.

Fitur iris dan fingerprint

Smartphone ini menyematkan fitur pengamanan yang berlapis, seperti fingerprint dan iris scanner. Mungkin fitur fingerprint sudah terdengar biasa, namun untuk fitur iris scanner ini memungkinkan hanya ‘sepasang mata’ si pengguna yang bisa membuka smartphone tersebut.

harga galaxy s8

Credit: Forbes

Fitur anti air

Dengan adanya sertifikasi IP68, maka Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+ ini tahan terhadap air dengan kedalaman maksimal mencapai 1,5 meter selama 30 menit. Pengguna tidak perlu khawatir jika ponsel pintar ini terkena air saat digunakan untuk memotret maupun mengambil video di dalam air.

Kamera yang mumpuni

Samsung mempersenjatai kamera belakangnya secara tunggal dengan resolusi 12 megapiksel, sedangkan kamera depannya 8 megapiksel. Namun sayangnya kamera ini belum mengusung dual kamera belakang, padahal saat ini tren kamera smartphone telah mengarah pada dual kamera demi menghasilkan foto-foto dengan wide angle. Kamera belakangnya dilengkapi dengan aperture f/1.7, 26mm, phase detection autofocus, OIS, dan LED flash. Sedangkan pada bagian depan bodi terdapat kamera selfie beresolusi 8 MP dengan bukaan f/1.7 yang telah dilengkapi dengan fitur autofocus.

Beberapa contoh hasil jeperetan kameranya bisa dilihat dibawah:

harga Samsung galaxy s8 plus
harga samsung galaxy s8
harga samsung S8 edge plus

Credit: Reviewed

Perbedaan Samsung Galaxy S8 dan S8+

Perbedaan mencoloknya terletak pada ukuran dan berat dari keduanya. Galaxy S8 mempunyai ukuran layar 5,8 inci, sedangkan Galaxy S8+ sekitar 6,2 inci. Kemudian dari segi bobot, keduanya memiliki berat yang berbeda. Galaxy S8 dengan berat 155 gram, kemudian Galaxy S8 Plus sekitar 173 gram. Secara detilnya bisa dilihat dibawah ini.

Galaxy S8 Galaxy S8+
Harga Rp 10.5 Jutaan Rp 12 Jutaan
Layar (pixels) 5.8 inches (2960 x 1440) Super AMOLED 6.2 inches (2960 x 1440) Super AMOLED
Ukuran 5.9 x 2.7 x 0.3 inches 6.3 x 2.9 x 0.3 inches
Berat 5.5 ounces 6.1 ounces
Pixels per inch 570 ppi 529 ppi
Kamera Belakang 12 MP/f 1.7 aperture 12 MP/f 1.7 aperture
Ukuran Pixel 1.4 µm 1.4 µm
Zoom 8x digital 8x digital
Kamera Depan 8-MP/f 1.7 aperture 8-MP/1.7 aperture
Ukuran Pixel 1.22µm 1.22µm
Video 4K video at 30 fps 4K video at 30 fps
Pemindai Biometric Facial recognition, iris scanner, fingerprint reader Facial recognition, iris scanner, fingerprint reader
CPU Snapdragon 835 Snapdragon 835
RAM 4GB 4GB
Kapasitas Simpan 64GB 64GB
microSD up to 256GB up to 256GB
Baterai 3,000 mAh 3,500 mAh
Anti Air dan Debu IP68 IP68
Android 7.0 Nougat 7.0 Nougat
Wireless Charging WPC and PMA WPC and PMA

Samsung Galaxy S8: 50% lebih cepat dari Google Pixel XL & 15% lebih cepat dari iPhone 7 plus (Benchmark Geekbench 4).

Click to Tweet

Performa vs Harga Samsung Galaxy S8 dan S8+ 

Jika dilihat dari sisi harganya, kedua smartphone ini ternyata dibanderol dengan harga yang relatif mahal. Dikutip dari Kompas Tekno, harga Samsung Galaxy S8 di Indonesia akan berkisar (mulai dari) Rp 10,5 juta, sementara Galaxy S8+ akan dibanderol sekitar Rp 12 juta. Tentu patokan harga ini lebih tinggi apabila dibandingkan dengan dua flagship sebelumnya, yaitu Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge yang dijual seharga Rp 9 juta dan Rp 10,5 juta saat dirilis pertama kali.

Dengan harga segitu “Apakah worth it to buy?”

Sebelum menjawab pertanyaan apakah kedua flagship terbaru ini layak untuk dibeli, ada baiknya kita lihat dulu kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan

  • Desain berbahan metal yang sangat elegan dan memikat – salah situs ternama menjulukinya seperti ‘Phone from the Future
  • Sudah mendukung jaringan supercepat 4G LTE
  • Benchmark multicore performanya 50% lebih cepat dari Google Pixel XL dan 15% lebih powerful dibandingkan iPhone 7 plus
  • Memiliki kamera yang bisa dibilang terbaik di kelasnya – kualitas gambar yang tajam dan balance baik siang maupun malam hari (baca: kondisi minim cahaya)
  • Sudah memiliki fitur fast charging dan wireless charging

Kekurangan

  • Fitur Bixby (personal assistant) masih belum matang dan perlu diperbaiki
  • Letak sensor fingerprint (dibelakang body) terasa kurang nyaman
  • Fitur sensor Biometric (pemindai wajah dan retina mata) kurang optimal – masih terasa lambat atau istilahnya “ngelag”
  • Baterai yang non-removable sehingga tidak mudah diganti-ganti

Jadi jika kita lihat dari segi desain, speed (performa) dan berbagai fitur inovatif terbaru didalamnya, bisa dibilang bahwa Smartphone ini memang dipatok dengan harga yang memang pantas dan layak. Artinya bisa kita simpulkan bahwa kedua andalan terbaru dari Samsung ini memang layak untuk dibeli. Apalagi mengingat, fitur Bixby dan Biometric yang sepertinya masih bisa diperbaiki oleh Samsung dari sisi software – lewat reguler software updatenya.

Namun tentunya semua kembali kepada budget dan kebutuhanmu akan sebuah Smartphone. Jika seri ini sudah sesuai dengan ekspektasi dan budgetmu, then Go for it! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *