Kacamata Anti Silau: Harga dan Rekomendasi 2019

kacamata anti silau terbaru

Saat keluar rumah di siang hari, seringkali pandangan menjadi silau akibat paparan sinar matahari yang begitu terik. Bagian pupil akan mengecil dan kelopak mata akan menutup sebagian. Kondisi seperti ini bisa sangat mengganggu, terutama untuk kamu yang sedang berkendara.

Selain mengganggu penglihatan, paparan sinar matahari yang terjadi terus-menerus juga mengakibatkan rusaknya pada kornea mata, misalnya saja seperti katarak, kebutaan, kanker mata, dan lain sebagainya. Agar mata tidak terganggu, maka penggunaan kacamata anti silau sangat dibutuhkan.

Kacamata anti silau adalah jenis kacamata yang digunakan untuk menghalangi sinar UV yang akan masuk ke dalam mata. Biasanya kacamata ini digunakan saat seseorang keluar rumah di siang hari ataupun saat berkendara di malam hari.

Umumnya, paparan sinar matahari yang cukup terik akan mengganggu penglihatan sehingga mata tidak bisa berkonsentrasi terhadap benda atau objek yang dilihatnya. Selain itu, paparan cahaya yang terlalu terang juga menyebabkan mata menjadi lebih cepat lelah saat digunakan untuk melihat.

Agar tidak mengganggu penglihatan, maka penggunaan kacamata anti silau bisa menjadi solusi yang paling tepat. Penggunaan kacamata ini bertujuan untuk melindungi mata dari paparan sinar matahari maupun cahaya yang terlalu terang.

Jika selama ini kamu hanya mengenal jenis kacamata hitam sebagai penangkal cahaya, sebaiknya sebelum membeli kacamata anti silau, kamu harus tahu beberapa jenis kacamata yang bisa kamu gunakan.

Jenis Kacamata Anti Silau

Saat ini ada banyak sekali jenis kacamata anti silau yang dapat kamu gunakan sehari-hari. Dari beberapa jenis kacamata yang ada, bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Berikut beberapa jenis kacamata anti silau yang bisa kamu ketahui sebelum membelinya:

Kacamata dengan Lapisan Anti Refleksi

Kacamata dengan lapisan anti refleksi atau anti-reflective coating (AR) adalah jenis kacamata yang mampu menangkal cahaya yang akan masuk ke dalam mata. Cahaya akan dipantulkan sehingga tidak akan mengganggu atau mengalihkan titik fokus mata pada benda yang dilihatnya. Biasanya, jenis kacamata ini banyak digunakan di siang atau di malam hari khususnya untuk para pengendara. Dengan kacamata ini mereka bisa tetap fokus dalam berkendara meskipun terdapat sorotan sinar yang begitu terang. Selain itu, jenis kacamata ini juga dapat digunakan untuk beberapa aktivitas lain, seperti bekerja di depan layar komputer, menonton TV, ataupun saat berhadapan dengan layar gadget.

Kacamata Anti Kabut Polarized

Pantulan cahaya bukan hanya dihasilkan dari tempat-tempat yang panas dengan sinar matahari yang terik, melainkan bisa juga dihasilkan dari tempat-tempat yang memiliki suhu dingin dengan kabut yang tebal. Masalah penglihatan akibat kabut tebal seperti ini mungkin sering kamu rasakan saat melakukan aktivitas di dataran tinggi atau di area pegunungan. Agar penglihatan tetap maksimal dan tidak terganggu, maka penggunaan kacamata anti kabut polarized bisa menjadi solusinya.

Kacamata anti kabut polarized adalah jenis kacamata anti silau yang khusus digunakan untuk mengurangi pandangan buram atau tidak jelas akibat kabut yang tebal. Kacamata ini dulu banyak digunakan oleh orang-orang yang hidup di negara bersalju. Namun saat ini, kacamata anti kabut polarized telah banyak tersedia sehingga bisa dikenakan siapa saja.

Kacamata Anti UV Khusus Malam Hari

Kacamata anti UV atau anti ultraviolet bukan hanya digunakan untuk melindungi mata terhadap cahaya terang di siang hari, melainkan bisa juga digunakan di malam hari khususnya saat berkendara. Saat seseorang berkendara atau mengemudikan mobil biasanya akan ada satu atau dua kendaraan yang menyorotkan lampu secara tiba-tiba. Agar pandangan tetap fokus dan tidak terganggu, maka penggunaan kacamata anti UV sangat diperlukan.

Meskipun digunakan untuk menangkal cahaya terang, namun pemilihan kacamata anti UV tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebaiknya saat memilih kacamata anti UV, kamu tidak memilih kacamata dengan jenis lensa yang gelap. Karena jika lensanya terlalu gelap, justru akan menimbulkan rasa capek pada mata. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan nyaman saat digunakan.

Kacamata Anti Silau dengan Warna Keemasan

Kacamata anti silau tidak selalu menggunakan warna-warna gelap di bagian lensanya. Saat ini, jenis kacamata ini telah hadir dengan varian terbaru, yaitu jenis sunglasses atau yang biasa disebut dengan kacamata berwarna keemasan. Untuk bagian lensanya sendiri menampilkan warna yang sangat beragam, mulai dari kuning, hijau, biru, orange, dan masih banyak lagi.

Dulunya, kacamata ini pertama kali diciptakan oleh seorang Letnan Angkatan Bersenjata asal Amerika bernama John Mac Cready. John sempat mengeluhkan matanya mengalami kerusakan akibat terlalu sering terpapar sinar matahari saat melakukan perjalanan dengan menggunakan balon udara. Tidak berselang lama, John pergi ke sebuah perusahaan kacamata ternama untuk mencari kacamata anti UV yang dapat digunakan untuk melindungi matanya dari paparan sinar UV. Kemudian, perusahaan tersebut memberikan kacamata anti silau berwarna hijau yang mampu menyerap panas. Dari situ, sunglasses mulai diciptakan dan banyak dipasarkan di beberapa toko optik.

Kacamata Anti Silau dengan Warna Gelap

Pada dasarnya, kacamata anti silau diciptakan untuk melindungi mata dari paparan sinar UV serta berfungsi untuk mengurangi resiko terkenanya penyakit mata, seperti katarak, kebutaan, kanker mata, dan lain-lain. Hanya saja, setiap warna lensa memiliki fungsi tingkat radiasi yang berbeda-beda. Untuk menghalangi masuknya sinar ultraviolet pada mata, kebanyakan kacamata silau dibuat dengan menggunakan lensa berwarna gelap, seperti hitam, coklat, biru, tua, hijau muda, dan warna-warna gelap lainnya.

Meskipun warna gelap dipercaya mampu melindungi mata dari sinar terang, namun jika kacamata yang kamu pilih terlalu gelap. Maka reaksi pupil mata akan terbuka sehingga akan lebih banyak cahaya yang masuk ke bagian tersebut. Saat memilih kacamata anti silau, maka sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan. Meskipun pilihannya tetap di warna-warna gelap, namun jangan memilih lensa yang terlalu gelap saat digunakan untuk melihat.

10 Rekomendasi Kacamata Anti Silau Terbaru

Saat ini, ada banyak sekali jenis kacamata anti silau yang bisa kamu temukan. Mulai dari yang dijual di toko optik ternama, pertokoan biasa, hingga toko-toko online yang tersedia saat ini. Karena ada banyak jenis kacamata yang bisa kamu beli, maka untuk mempermudah menemukan kacamata yang sesuai dengan kebutuhanmu, berikut ada 10 rekomendasi kacamata anti silau terbaru yang bisa kamu pilih dengan kualitas terbaik:

1. Oakley Holbrook OO4123 412302 Metal

Harga: Rp 3.490.000

Salah satu kacamata anti silau terbaik yang bisa kamu pilih adalah Oakley Holbrook OO4123 412302. Kacamata bergaya klasik ini bisa menjadi pilihan tepat karena memiliki desain yang sangat trendy. Kacamata ini menggunakan bahan metal sehingga desainnya terlihat lebih segar dan berkelas. Selain itu, penggunaan lensa warna dapat menyempurnakan penampilanmu setiap hari.

Kacamata yang dilengkapi dengan 100% UV-cut ini sangat cocok dikenakan pria maupun wanita, namun lebih direkomendasikan bagi pria. Selain itu, kacamata ini juga mengadopsi lensa dengan teknologi HDO yang sama dengan produk Oakley lainnya yang dapat memberikan hasil visual yang lebih tajam dan jernih sehingga mata tidak akan terasa lelah saat menggunakan kacamata ini. Selain itu, bagian lensanya pun cukup lebar sehingga mampu melindungi mata dari paparan sinar matahari maupun sinar UV.

2. Ray-Ban National Erika F Havana Jepang 54

Harga: Rp 2.081.000

Ray-Ban menjadi salah satu produk kacamata yang cukup banyak dipilih. Selain memiliki kualitas produk terbaik, produk-produk dari Ray-Ban juga dikenal memiliki teknologi canggih untuk setiap kacamatanya. Salah satu produk terbaiknya ada di Ray-Ban National Erika F Havana Jepang 54. Kacamata anti silau ini memiliki desain oversized round yang mampu melindungi mata kamu dari paparan sinar matahari dan cahaya-cahaya silau lainnya.

Selain desainnya yang sangat modis, teknologi yang ditawarkan pada kacamata ini pun juga tidak main-main seperti penggunaan lensa gradient yang sangat trend di kalangan anak muda jaman sekarang. Selain itu, penggunaan lensa polarisasi akan mengurangi efek pantulan cahaya yang akan masuk ke dalam mata dan meningkatkan kontras secara lebih efektif ketika digunakan di dalam ruang minim cahaya.

3. Oakley Sunglasses Evzero Pitch – Polished Black (938801) Black Iridium

Harga: Rp 2.890.000

Sebagai salah satu brand sport terkemuka, Oakley bukan hanya menawarkan perlengkapan olahraga terbaiknya. Beberapa aksesorisnya pun sempat memiliki peringkat teratas terutama untuk produk kacamatanya. Jika saat ini kamu sedang mencari kacamata terbaik yang bisa melindungi mata secara lebih sempurna, maka produk dari Oakley Sunglasses Evzero Pitch ini bisa menjadi pilihannya.

Oakley Sunglasses Evzero Pitch – Polished Black (938801) ini merupakan kacamata dengan lensa hitam yang mampu melindungi mata dari pantulan sinar matahari maupun sinar UV yang menyilaukan. Produk ini menggunakan frame color Polished Black yang semakin keren saat digunakan untuk berkendara. Sedangkan untuk lensanya sendiri menggunakan black iridium yang semakin nyaman saat digunakan. Memiliki ukuran temple sebesar 125 mm, kacamata ini sangat cocok digunakan untuk pria.

4. Ray-Ban 0RB2132F 894/76 Coklat

Harga: Rp 5.816.000

Jika kacamata sebelumnya cocok digunakan untuk pria, maka kacamata Ray-Ban 0RB2132F 894/76 ini sangat cocok untuk kamu kaum wanita. Kacamata ini memiliki desain yang sangat trendy sehingga cocok digunakan sehari-hari. Selain digunakan sebagai kacamata anti silau, kacamata ini juga akan melindungi mata kamu dari debu dan kotoran saat berada di luar ruangan. Mata akan tetap nyaman meskipun berada di tempat yang penuh dengan debu, polusi, dan lainnya.

Kacamata ini dilengkapi dengan 100% UV-cut yang akan membuat mata tetap nyaman meskipun terpapar sinar matahari maupun sinar UV. Penggunaan lensa berwarna solid akan menghasilkan visual yang lebih jelas dan jernih. Mata akan tetap fokus meskipun tersorot cahaya yang terang.

5. Vivid Dream Sunglasses Glasses Import

Harga: Rp 338.000

Jika kamu mencari kacamata dengan desain kekinian yang cocok dikenakan sehari-hari, maka kacamata dari Vivid ini bisa menjadi pilihannya. Selain mempercantik penampilan, kacamata ini juga dilengkapi dengan lapisan anti-UV yang akan melindungi mata dari paparan sinar UV. Selain modelnya yang sangat trendy, harga kacamata anti silau ini juga sangat terjangkau. Kamu sudah bisa mendapatkan kacamata anti silau yang bagus untuk melindungi mata dengan model yang sangat kekinian.

Kacamata yang dibuat secara homemade ini menggunakan lensa berbahan polycarbonate yang memiliki ketahanan 10 kali lipat dibandingkan lensa plastik lainnya. Bobotnya juga sangat ringan sehingga tidak menyebabkan kelelahan pada mata. Dilengkapi dengan 100% UV-cut yang akan melindungi mata dari paparan sinar UV, kacamata ini sangat cocok digunakan untuk berkendara di siang maupun malam hari.

6. POLICE Oculos De Sol Kacamata Hitam Pria

Harga: Rp 417.000

Kacamata anti silau dari POLICE Oculos De Sol ini bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin tampil maskulin. Kacamata dengan lensa terpolarisasi ini akan melindungi mata kamu dari pantulan sinar UV yang bisa menyebabkan resiko kelainan pada mata. Model lensanya yang lebar akan menutup bagian mata dengan sempurna sehingga mata akan lebih aman ketika kamu menggunakan kacamata jenis ini.

Selain desainnya yang sangat maskulin, kacamata ini juga menggunakan bahan paduan yang ada di bagian bingkainya. Meskipun lensa kacamatanya cukup lebar, namun bobot kacamata ini sangat ringan. Dilengkapi dengan anti refleksi polarisasi, kacamata ini juga dapat digunakan untuk menghalau sinar yang terang. Cocok digunakan untuk pria maupun wanita saat mengemudi, memancing, atau saat di luar ruangan.

7. Oakley Frogskins PRIZM OO9245 924562

Harga: Rp 2.390.000

Kacamata merk Oakley selalu menarik untuk dipilih. Selain beberapa produk sebelumnya, kamu juga bisa menjatuhkan pilihan pada salah satu produk kacamata dari Oakley yang satu ini. Kacamata dengan desain klasik berlensa hitam ini sangat cocok untuk penghalang sinar saat kamu berada di luar ruangan ataupun saat mengemudi di siang ataupun malam hari. Penggunaan lensa berwarna hitam akan memfokuskan pandanganmu meskipun tersorot cahaya yang terang. Jadi, sangat tepat sekali digunakan untuk para pengemudi.

Selain menampilkan desain yang klasik, kacamata ini juga sangat simple sehingga bisa digunakan untuk pria maupun wanita. Selain itu, di bagian lensa kacamata mengadopsi teknologi lensa HDO atau High Definition Optics yang akan mengurangi refraksi sehingga objek yang dilihat tidak akan mengalami distorsi. Kacamata ini juga dilengkapi dengan penghalau sinar UV yang memiliki transmisi sebesar 12%. Framenya dibuat dengan bahan polycarbonate berkualitas sehingga tahan lama.

8. EsoGoal Sunglasses Mirrored Women Eyewear

Harga: Rp 500.000

Jika ingin tampil keren dengan kacamata kekinian, maka kacamata dari EsoGoal Sunglasses Mirrored Women Eyewear ini bisa menjadi pilihannya. Kacamata ini dibuat dengan bingkai berbahan metal yang akan membuat penampilan semakin keren dan berkelas. Selain itu, kacamata ini juga dilengkapi dengan bantalan hidung berbahan silikon yang semakin nyaman untuk digunakan.

Meskipun menggunakan lensa non-polarized, namun kacamata ini cukup aman untuk menghalau sinar UV yang masuk ke mata. Penggunaan lensa yang terang akan membuat pandangan semakin jelas untuk benda atau objek dalam jarak pandang jauh sehingga bisa digunakan untuk penderita rabun jauh atau mata minus. Kacamata ini juga dilengkapi dengan UB400 protection anti radiasi UVA dan UVB.

9. Ray-Ban RB4195F Kacamata Hitam

Harga: Rp 7.963.000

Kacamata hitam Ray-Ban RB4195 ini sangat cocok untuk kamu yang suka bepergian keluar rumah. Dengan lapisan anti UVA dan UVB, maka mata akan terlindung dari paparan sinar UV yang dapat menyebabkan resiko kebutaan, katarak, dan kanker mata. Model kacamata ini pun sangat maskulin sehingga sangat cocok digunakan oleh pria.

Komposisi bahan yang digunakan pun merupakan paduan plastik berkualitas dengan bobot kacamata yang sangat ringan. Ukuran rangenya adalah 150 mm x 52 mm dengan bagian lensa yang lebar. Mata akan tertutup secara sempurna saat menggunakan kacamata ini. Meskipun menggunakan kacamata hitam, namun pandangan tetap jelas dan jernih terutama di malam hari sehingga kamu tak perlu khawatir saat berkendara dengan menggunakan kacamata ini.

10. BRUNO DUNN Polarized Sunglasses 8490

Haraga: Rp 149.000

Untuk kamu yang mencari kacamata anti silau dengan harga yang lebih murah, maka kacamata dari Bruno Dunn ini bisa menjadi pilihannya. Bruno Dunn merupakan salah satu brand dengan produk kacamata berkualitas namun dengan harga yang lebih terjangkau dimana kamu bisa mendapatkan kacamata yang bisa melindungi mata dari pancaran sinar UV dengan harga yang lebih miring dibanding produk-produk sebelumnya.

Untuk kacamata Bruno Dunn Polarized Sunglasses 8490 ini menggunakan bingkai unisex dengan model yang begitu klasik. Kacamata ini bisa dikenakan untuk pria maupun wanita. Bobot kacamata juga sangat ringan sehingga sangat nyaman untuk dikenakan sehari-hari. Cocok untuk berkendara di siang hari maupun malam hari. Cocok juga untuk kamu yang suka bepergian keluar rumah.

Kini, kacamata bukan hanya dijadikan sebagai aksesoris penyempurna penampilan saja, melainkan juga bisa digunakan untuk melindungi mata dari paparan sinar ultra violet. Dengan beberapa rekomendasi kacamata anti silau di atas, maka kamu bisa menemukan kacamata terbaik yang cocok digunakan sehari-hari terutama saat keluar rumah maupun saat berkendara.

Pertanyaan Seputar Kacamata Anti Silau (FAQ)

1. Apa Itu Kacamata Anti Silau?

Kacamata anti silau adalah jenis kacamata yang banyak digunakan untuk melindungi mata dari cahaya terang terutama saat berkendara. Jenis kacamata ini akan menangkal cahaya yang masuk pada mata sehingga mata akan tetap fokus di tempat-tempat yang cukup cahaya. Kebanyakan kacamata ini menggunakan jenis lensa yang dapat melindungi mata dari pantulan sinar ataupun cahaya terang. Sedangkan warna yang digunakan untuk jenis lensa kacamata pun kebanyakan adalah warna-warna gelap seperti hitam, biru tua, dan warna-warna yang dapat memantulkan cahaya lainnya.

2. Bagaimana Cara Memilih Kacamata Anti Silau Terbaik?

Saat membeli kacamata langsung di toko optiknya, mungkin kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhanmu. Namun, jika kamu membelinya secara online mungkin akan lebih sulit untuk menyesuaikannya karena kamu hanya melihat gambar dan deskripsinya tanpa bisa mencobanya secara langsung. Meskipun begitu jangan kuatir, kamu tetap bisa menemukan kacamata anti silau yang paling sesuai dengan ukuran dan kebutuhanmu. Berikut ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memilih kacamata anti silau terbaik yang pas untuk kamu gunakan:

  • Pilih Berdasarkan Keterangan yang Tertera pada Kacamata

Hal terpenting yang bisa kamu lakukan saat memilih kacamata anti silau adalah dengan melihat keterangan angka yang tertera pada kacamata tersebut. Biasanya, kacamata dengan nilai tinggi akan memiliki performa yang lebih unggul dalam menghalang sinar matahari untuk masuk ke mata. Namun dari sisi harganya pun akan semakin tinggi. Jadi, kamu juga harus menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

Untuk melihat keterangan yang tertera pada kacamata, berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan:

A. Perhatikan Persentase UV-cut untuk Menghalau Cahaya Terang

Persentase UV-cut merupakan angka yang menunjukan jumlah sinar atau cahaya yang mampu dihalang oleh suatu kacamata. Semakin tinggi nilai persentase UV-cutnya, maka semakin bagus kacamata dalam menangkal sinar atau cahaya yang akan masuk ke mata. Jika dalam kacamata tersebut tertulis keterangan 100% UV-cut, maka kemampuannya dalam menghalau sinar atau cahaya sebesar 100%. Artinya, kacamata tersebut sangat bagus dalam menghalang sinar atau cahaya yang masuk ke mata. Namun, untuk harganya sendiri biasanya juga lebih mahal, bisa sampai puluhan juta rupiah.

B. Cek Tingkat Transmitansi Sinar UV

Karena kacamata anti silau ini bisa digunakan untuk menghalang sinar UV, maka kamu bisa cek tingkat transmitansi sinar UV yang tertera pada kacamata tersebut. Istilah transmitansi UV mungkin sedikit asing untuk kamu yang baru pertama kali membeli kacamata anti silau. Sebenarnya, nilai  transmitansi UV ini akan menunjukkan berapa banyak sinar UV yang mampu menembus kacamata tersebut.

Jika dalam persentase UV-cut, kamu harus memilih angka yang paling tinggi, maka berbeda dengan nilai transmitansi. Untuk nilai transmitansi pada kacamata anti silau, kamu harus memilih angka yang paling rendah. Angka terendah menunjukan bahwa kacamata tersebut hanya memiliki nilai terkecil untuk sinar UV yang mampu mengenai mata. Jika nilainya kecil, maka kemampuannya untuk menghalang sinar UV pun juga lebih bagus. Sinar UV tidak akan mengenai bagian mata saat menggunakan kacamata dengan tingkat transmitansi rendah. Saat ini, nilai transmitansi 0,1% menjadi pilihan karena nilainya cukup rendah.

C. Perhatikan Keterangan Gelombang UV yang Bisa Dihalau

Selain nilai transmitansi, kamu juga harus memperhatikan keterangan gelombang UV yang bisa dihalau oleh kacamata tersebut. Biasanya, di setiap kacamata anti silau akan kamu temukan tulisan UV400. Standar tersebut pertama kali digunakan di negara Australia yang artinya memiliki kekuatan sinar ultraviolet yang cukup tinggi dibanding negara-negara lain.

Angka 400 menunjukan panjang gelombang ultraviolet yang bisa dihalau oleh suatu kacamata. Untuk panjang gelombang ultraviolet sendiri dibagi menjadi 3, yaitu gelombang UVA dengan panjang 313 – 400 nm, gelombang UVB dengan panjang 280 – 315 nm, dan gelombang UVC dengan panjang 200 – 280 nm. Jika kacamata memiliki kemampuan UV 40, artinya kacamata tersebut mampu menghalangi semua jenis sinar UV yang akan masuk ke mata.

  • Pilih Kacamata dengan Lensa yang Tidak Terlalu Gelap

Selama ini banyak orang yang mengira jika kacamata hitam atau kacamata dengan warna gelap memiliki kemampuan untuk menghalau sinar atau cahaya terang dengan baik. Nyatanya, hal tersebut tidaklah benar. Kacamata hitam atau kacamata dengan warna gelap justru mudah untuk menyerap sinar atau cahaya karena pupil akan terbuka dan melebar saat mata kekurangan cahaya. Saat pupil melebar, maka akan banyak cahaya yang masuk ke mata. Hal inilah yang akan membuat sinar atau cahaya terang lebih mudah masuk ke mata jika kamu menggunakan kacamata berwarna pekat atau gelap.

Agar mata tidak terlalu banyak menerima cahaya, maka kamu bisa pilih kacamata anti silau dengan warna-warna yang tidak terlalu pekat. Bisa menggunakan kacamata anti silau hitam, namun pilihlah dengan warna-warna yang tidak terlalu gelap. Namun, jika kamu lebih nyaman menggunakan kacamata dengan warna hitam pekat, maka pilih kacamata yang dilengkapi dengan UV400 karena kekuatan untuk menghalau sinar UV pada kacamata tersebut lebih tinggi.

  • Pilih Kacamata dengan Model Lensa yang Menutup Bagian Mata dengan Sempurna

Jika ingin mata terlindung dari sinar atau cahaya terang secara maksimal, maka kamu bisa pilih kacamata dengan model lensa lebar. Kacamata dengan lensa lebar akan menutup bagian mata dengan sempurna sehingga sinar atau cahaya yang tersorot ke mata tidak bisa masuk secara keseluruhan.

Hal tersebut berbeda ketika kamu memilih kacamata dengan ukuran lensa sedang. Meskipun dilengkapi UV400, namun jika lensanya tidak terlalu lebar. Sinar atau cahaya yang tersorok ke mata pun tetap bisa masuk, baik itu di bagian atas, bawah, samping kanan atau samping kiri. Meskipun menggunakan kacamata dengan lensa lebar, kamu bisa pilih model frame yang sesuai dengan bentuk wajah kamu.

3. Berapa Harga Kacamata Anti Silau Saat Ini?

Untuk harga kacamata anti silau yang tersedia saat ini cukup beragam, ada yang dibanderol dengan harga murah, ada juga yang dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Untuk jenis kacamata dengan performa penghalau sinar terbaik, tentu harganya juga lebih tinggi dibanding kacamata anti silau biasa. Apalagi jika kacamata tersebut berasal dari brand ternama, seperti Ray-Ban dan Oakley. Tentu harganya bisa di atas Rp. 1 jutaan hingga R. 5 jutaan lebih.

Namun untuk kualitas biasa, kamu bisa menemukan dengan harga yang lebih terjangkau. Misalnya saja seperti kacamata dari Bruno Dunn Polarized Sunglasses 8490 yang dibanderol dengan harga cukup terjangkau yaitu Rp 149.000. Untuk pilihan lainnya, ada kacamata dari POLICE Oculos De Sol dengan harga Rp 417.000 dan kacamata EsoGoal Sunglasses Mirrored Women Eyewear dengan harga Rp 900.000. Ketiganya memiliki harga di bawah 1 jutaan dengan performa menghalau sinar yang sudah cukup bagus.

4. Apa Fungsi Kacamata Anti Silau?

Setiap kacamata tentu memiliki fungsi yang berbeda-beda termasuk jenis kacamata anti silau. Jenis kacamata ini memiliki beberapa kegunaan khusus, di antaranya:

  • Melindungi mata dari paparan sinar matahari di siang hari
  • Menangkal sinar atau cahaya atau sorot lampu saat berkendara
  • Penggunaan lensa yang lebih lebar akan menjaga mata dari paparan sinar UV yang dapat menimbulkan efek berbahaya pada mata
  • Mengurangi resiko kelainan pada mata, seperti katarak, kanker mata, kebutaan, dan lain-lain
  • Menjaga mata tetap fokus saat melihat benda atau objek di depannya
  • Bisa digunakan sebagai trend fashion masa kini yang membuat penampilan semakin terlihat keren dan modis.

5. Apa Perbedaan Kacamata Anti Silau dengan Jenis Kacamata Lainnya?

Dibandingkan jenis kacamata biasa atau kacamata yang digunakan untuk kelainan mata. Kacamata anti silau memiliki perbedaan diantara jenis kacamata lainnya. Kacamata ini menggunakan lensa khusus yang mampu menangkal atau menghalang masuknya cahaya ke dalam mata. Kacamata ini digunakan untuk melindungi mata dari pantulan sinar matahari atau cahaya yang membuat mata menjadi silau.

Umumnya, kacamata anti silau menggunakan lensa yang lebih lebar dibanding kacamata lain. Penggunaan lensa tersebut bertujuan untuk melindungi mata dari pancaran sinar atau cahaya terang yang akan masuk ke dalam mata. Selain itu, jenis lensa yang digunakan pun adalah jenis lensa yang mampu memberikan efek gelap pada mata sehingga saat mata terpapar cahaya atau sinar yang terang, mata tetap fokus pada benda atau objek yang dilihatnya.

6. Bagaimana Cara Merawat Kacamata Anti Silau agar Tetap Awet?

Agar kacamata tetap awet, bersih, dan tidak timbul goresan-goresan halus pada lensa, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat kacamata agar tetap awet terutama saat kacamata dibersihkan. Berikut cara merawat kacamata yang bisa kamu lakukan dengan mudah:

  • Saat kacamata ingin dibersihkan, hindari untuk membersihkan kacamata dalam keadaan kering. Hal ini dapat menimbulkan goresan-goresan halus pada lensa secara permanen terutama untuk lensa yang tidak dilengkapi dengan pelindung anti gores.
  • Jika ingin mencucinya, kamu bisa cuci kacamata dengan air dingin atau air kran yang mengalir. Jangan gunakan air panas, sikat, dan sebagainya karena bisa menyebabkan lapisan kacamata rusak atau menjadi buram.
  • Gunakan sabun lembut atau cairan pembersih lainnya yang tidak mengandung alkohol jika ingin lensa benar-benar bersih.
  • Setelah dicuci, lap kacamata dengan kain halus ataupun kain beserat mikro. Kamu bisa menggunakan lap yang ada di kotak hardcase kacamata.
  • Saat kacamata tidak digunakan, kamu bisa menyimpannya di dalam hardcase ataupun tempat yang aman dari jangkauan anak-anak. Pilihlah tempat yang bersih dan terhindar dari debu dan kotoran.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + 6 =