Kacamata Kekinian: Harga dan Rekomendasi Terbaru 2021

Penggunaan kacamata bukan hanya digunakan sebagai alat bantu penglihatan saja, melainkan juga banyak dijadikan sebagai trend fashion item untuk menyempurnakan penampilan.

Saat ini, berbagai bentuk dan model kacamata bisa kamu jumpai dengan mudah, mulai dari bentuk yang lebar, kecil hingga bentuk yang unik dan lucu.

Mengingat ada banyak sekali bentuk dan model kacamata yang tersedia, ada kalanya kamu merasa kebingungan saat memilih dan menentukan kacamata yang sesuai dengan karakter dan tipe wajah kamu.

Meskipun digunakan hanya untuk gaya-gayaan saja, namun kacamata yang kamu beli harus disesuaikan dengan karakter dan tipe wajah agar tidak terlihat aneh saat digunakan.

Jenis-jenis Lensa Kacamata


Sebelum menentukan kacamata terbaik yang bisa kamu pilih, berikut ada beberapa tipe dan jenis lensa kacamata yang bisa kamu ketahui sebelum membeli kacamata yang sesuai dengan kebutuhan:

Lensa Kacamata Bifokal

Bifokal adalah lensa kacamata yang memiliki dua titik fokus. Untuk lensa bagian atas digunakan untuk melihat jarak pandang jauh dan lensa bagian bawah digunakan untuk melihat jarak pandang dekat.

Biasanya, lensa ini digunakan untuk jenis kacamata baca presbiopi yang sering digunakan pada usia lanjut atau di atas 40 tahun.

Lensa Kacamata Transition

Transition adalah jenis lensa kacamata yang dapat berubah warnanya. Penggunaan lensa ini sangat cocok untuk penderita yang memiliki kelainan mata sensitif dimana lensa dapat berubah menjadi gelap apabila digunakan pada ruang yang cukup cahaya.

Sedangkan saat digunakan dalam ruang gelap atau minim cahaya, maka lensa akan berubah menjadi bening. Jenis kacamata ini juga sering digunakan untuk melindungi mata dari pantulan sinar matahari.

Lensa Kacamata Progresif

Hampir sama seperti lensa bifokal yang sama-sama memiliki dua titik fokus berbeda, lensa progresif juga sering digunakan untuk kacamata baca.

Hanya saja, pada kacamata progresif tidak memiliki garis pembatas seperti lensa bifokal ehingsga penggunanya bisa mendapatkan jarak pandang sedang atau menengah.

Lensa Kacamata Single Vision

Lensa single vision adalah lensa kacamata yang hanya memiliki satu titik fokus saja dimana lensa ini banyak digunakan untuk memperbaiki gangguan mata seperti rabun jauh atau mata minus, rabun dekat atau mata plus, dan penglihatan berbayang atau yang disebut dengan mata silinder.

Lensa Kacamata Mirror

Lensa mirror menjadi salah satu jenis lensa yang kini banyak digunakan untuk jenis kacamata kekinian. Berbeda dari lensa-lensa sebelumnya, lensa ini memberikan nuansa klasik dengan pantulan cahaya yang beragam.

Lensa bagian depan mampu menimbulkan berbagai cahaya dengan warna yang menarik, mulai dari biru, kuning, hijau, orange, dan lain-lain. Sedangkan untuk lensa bagian dalam akan memberikan warna gelap sehingga sangat nyaman untuk digunakan pada waktu siang hari.

Lensa Kacamata Minus

Lensa minus adalah lensa kacamata yang digunakan untuk penderita miopi atau rabun jauh. Cara kerja dari lensa ini adalah mengoreksi mata yang tidak mampu berakomodasi ketika melihat benda-benda dalam jarak pandang jauh.

Lensa akan memberikan pandangan dengan jarak yang lebih dekat dan memperbesar benda-benda yang ada di sekitar karena bentuk dari lensa ini adalah cekung.

Lensa Kacamata Plus

Berbeda dari lensa minus, lensa plus justru berbentuk cembung dengan cara kerja menjauhkan benda-benda yang ada di sekitar untuk memperbaiki titik fokus sehingga bayangan jatuh tepat pada bagian retina mata.

Lensa ini digunakan untuk penderita mata plus atau hipermetropi. Biasanya juga digunakan untuk kacamata baca atau kacamata presbiopi.

Lensa Kacamata Silinder

Lensa silinder adalah jenis lensa kacamata yang digunakan bagi penderita astigmatisma atau mata silinder.

Cara kerja dari lensa ini adalah membiaskan cahaya dengan baik untuk membantu penderita dalam membedakan mana titik fokus yang sesungguhnya sehingga penderita akan lebih mudah mengenali mana garis-garis horizontal dan mana garis vertikal.

Lensa Kacamata 5 Lensa

Sesuai dengan namanya, 5 lensa kacamata adalah jenis kacamata yang dilengkapi dengan 5 buah jenis lensa yang berbeda-beda. Uniknya, lensa kacamata ini dapat dilepas pasang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Jadi, saat kamu melihat ada orang yang berganti-ganti lensa dengan satu jenis kacamata yang sama, jangan heran karena jenis kacamata yang digunakan mungkin memiliki jenis 5 lensa yang berbeda-beda.

Lensa Kacamata Berwarna

Lensa berwarna atau yang juga disebut sebagai photochromic adalah jenis lensa kacamata transisi yang mampu merubah warna sesuai dengan kondisi cahaya yang ada.

Semakin terang cahaya yang diperoleh, maka akan semakin gelap warna yang dihasilkan. Begitu pula sebaliknya, apabila ruangan tidak cukup cahaya, maka lensa akan menghasilkan cahaya yang lebih terang atau bening.

10 Rekomendasi Kacamata Kekinian 2021


Mengingat saat ini ada banyak jenis kacamata yang bisa dipilih, maka untuk mempermudah kamu mendapatkan kacamata yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu, berikut 10 rekomendasi kacamata kekinian terbaik yang bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu:

1. Ray-Ban Classic RB4246F Clubround Sunglasses

Harga: Rp 2.990.000

Sebagai salah satu brand dunia, Ray-Ban selalu menawarkan produk kacamata terbaik. Salah satunya  adalah kacamata Ray-Ban Classic RB426F Clubround Sunglasses ini.

Kacamata dengan warna solid seperti ini sebenarnya sudah trend di tahun 1937 dimana telah banyak digunakan oleh para pekerja militer untuk melindungi matanya.

Namun dengan perkembangannya, kacamata ini justru menjadi trend fashion di kalangan anak muda hingga dewasa. Kacamata model G-15 klasik ini memiliki desain yang begitu keren untuk menyempurnakan penampilanmu.

Kacamata ini menggunakan bingkai berbahan asetat dan dibalut dengan warna kura-kura yang begitu mempesona. Selain itu, kacamata ini bisa digunakan untuk pria maupun wanita dengan model kacamata bulat yang sedang trend di akhir-akhir tahun ini.

2. Ray-ban RB3447 Round Flash Men & Women Sunglasses

Harga: Rp 799.000

Untuk kamu yang mencari kacamata trendy dengan model terkini, Ray-ban RB3447 Flash Men & Women ini bisa menjadi pilihannya. Kacamata dengan lensa berwarna silver flash akan menampilkan gaya trendy untuk kamu yang suka menggunakan kacamata saat keluar rumah. Bahan metalnya yang sangat kuat akan menjamin kekokohan kacamata sehingga bisa bertahan lama.

Selain itu, penggunaan bantalan hidung berbahan silikon akan memberikan kenyamanan saat kacamata kamu gunakan. Kacamata ini memiliki ukuran 50 x 145 x 21 mm yang bisa digunakan untuk pria maupun wanita. Sangat tepat untuk kamu yang ingin tampil gaya dengan aksesoris kacamata.

3. Oakley Original Titanium OX5132-0454 Surface Plate

Harga: Rp 2.180.000

Untuk kamu yang sedang mencari kacamata dengan lensa bening, Oakley Original Titanium OX5132-0454 Surface Plate bisa menjadi pilihannya. Kacamata dengan ukuran 54 x 138 x 18 mm ini bisa digunakan untuk pria maupun wanita. Modelnya yang sangat simple dengan gagang bingkai berwarna hitam dan merah akan memberikan kesan modis di setiap penampilanmu. Selain itu, penggunaan frame berbahan plastik berkualitas akan memberikan bobot yang lebih ringan sehingga kacamata ini sangat nyaman untuk dikenakan dalam waktu yang lama.

Kacamata ini dilengkapi dengan bantalan hidung berbahan silikon yang akan menyesuaikan bentuk hidung dengan bentuk bridge kacamata. Selain itu, bingkainya yang lebar akan memberikan kesan tegas dan elegan saat dikenakan. Sangat cocok untuk tipe wajah bulat dan oval yang bisa dikenakan sehari-hari.

4. Tom Ford 355 Hitam Kacamata Minus

Harga: Rp 119.000

Untuk kamu yang memiliki mata minus atau rabun jauh, kacamata dari Tom Ford 355 ini bisa menjadi pilihannya. Untuk ukuran lensa minus bisa disesuaikan dengan frekuensi minus yang kamu derita. Kamu bisa terlebih dahulu memberikan informasi berapa minus yang kamu miliki karena dengan begitu, lensa akan disesuaikan dengan ukuran minus pembeli.

Kacamata dari Tom Ford ini selain memiliki kualitas yang sudah terjamin mutunya, juga menggunakan bahan mika berkualitas pada lensanya sehingga tidak mudah pecah atau retak. Sedangkan untuk bagian bingkai, kacamata ini menggunakan bahan plastik dengan bobot yang lebih ringan. Kacamata ini memiliki ukuran 47 x 22 x 140 mm yang bisa digunakan untuk pria maupun wanita. Tersedia juga 3 pilihan warna lain, yaitu hitam full, hitam gradasi, dan pink.

5. Tom Ford FT0009 Parallel Import Goods

Harga: Rp 5.005.000

Masih dengan merk yang sama, Tom Ford FT0009 Parallel Import Goods ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang mencari kacamata gaya. Kacamata dengan warna dasar coklat ini akan menyatu dengan warna kulit sehingga terkesan serasi saat dikenakan. Kacamata ini bisa digunakan untuk kamu kaum wanita yang ingin tampil lebih modis dengan gaya kacamata kekinian.

Untuk bahan dari kacamata ini terbuat dari material plastik berkualitas. Meskipun ukurannya besar, namun bobot kacamata ini sangatlah ringan. Selain bisa dijadikan sebagai kacamata gaya, kacamata ini juga bisa kamu gunakan sebagai pelindung mata saat matahari sedang terik karena dilapisi dengan pelindung anti UVA dan anti UVB yang bisa dijadikan sebagai kacamata anti silau baik untuk siang hari maupun malam hari saat berkendara.

6. Police M4021

Harga: Rp 165.000

Untuk para pria yang ingin tampil maskulin dengan kacamata hitam, Police M4021 ini bisa menjadi kacamata yang tepat untuk kamu. Kacamata berbahan metal carbon dengan warna hitam keseluruhan ini akan membuat penampilanmu terlihat lebih keren dan modis. Kacamata ini bisa digunakan sebagai pelindung mata ataupun untuk gaya-gayaan saja.

Kacamata ini juga dilengkapi dengan pelindung lensa anti UV berbahan polarized. Sangat aman digunakan untuk berkendara baik di siang hari maupun malam hari. Bahkan, untuk kamu yang suka bepergian di waktu siang, maka kacamata ini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Untuk ukurannya sendiri adalah 65 x 18 x 135 mm yang bisa digunakan untuk semua tipe wajah. Kacamata ini  juga sudah dilengkapi dengan hardcase dan lap di dalam kemasan.

7. Ray-ban 2704 ABU Kacamata Minus

Harga: Rp 227.500

Ray-ban 2704 ABU merupakan kacamata minus yang dibekali dengan bahan berkualitas terbaik yang sangat cocok untuk kamu yang memiliki keluhan mata minus. Kacamata ini menggunakan bahan sholid premium yang kuat dan tahan lama. Sedangkan untuk ukuran kacamatanya sendiri adalah 18 x 51 x 137 mm yang cocok untuk digunakan pria maupun wanita.

Kacamata ini memiliki bantalan hidung berbahan silikon yang semakin nyaman saat digunakan. Kacamata ini juga dilengkapi dengan lapisan anti radiasi yang aman saat digunakan untuk menonton TV, berhadapan dengan lapar komputer, gadget dan lain-lain. Kacamata ini dilengkapi juga dengan hardcase dan lap yang ada di dalam kemasan.

8. Kacamata Baca +2.0 Bingkai Logam Mini Folding

Harga: Rp 149.000

Jika penggunaan kacamata ingin lebih praktis, maka kacamata model lipat seperti ini menjadi pilihan yang sangat tepat dimana kacamata dapat dilipat sehingga lebih mudah dibawa ataupun disimpan. Kacamata baca + 2.0 ini menggunakan bingkai dari bahan logam mini folding yang membuat desainnya nampak lebih trendy. Bahan logam yang digunakan juga memiliki kualitas super tinggi sehingga tidak menimbulkan iritasi jika digunakan dalam waktu yang lama.

Kacamata ini juga dilengkapi dengan anti radiasi sehingga sangat aman digunakan saat berada di depan layar komputer ataupun saat bermain gadget. Bisa digunakan untuk lansia ataupun anak muda. Modelnya juga sangat praktis untuk dibawa sehari-hari dan sudah dilengkapi dengan kotak penyimpanan kacamata yang mungil dan praktis.

9. Ray-Ban 0RB2132F 894/76 Coklat

Harga: Rp 5.816.000

Jika kacamata sebelumnya cocok digunakan untuk pria, maka kacamata Ray-Ban 0RB2132F 894/76 ini sangat cocok untuk kamu kaum wanita. Kacamata ini memiliki desain yang sangat trendy sehingga cocok digunakan sehari-hari. Selain digunakan sebagai kacamata anti silau, kacamata ini juga akan melindungi mata kamu dari debu dan kotoran saat berada di luar ruangan. Mata akan tetap nyaman meskipun berada di tempat yang penuh dengan debu, polusi, dan lainnya.

Kacamata ini dilengkapi dengan 100% UV-cut yang akan membuat mata tetap nyaman meskipun terpapar sinar matahari ataupun sinar UV. Penggunaan lensa berwarna solid akan menghasilkan visual yang lebih jelas dan jernih. Mata akan tetap fokus meskipun tersorot cahaya yang terang.

10. Ray-ban Optical Rx3545V-2911

Harga: Rp 2.790.000

Produk-produk dari Ray-ban selalu menarik untuk dimiliki. Salah satunya Ray-ban Optical Rx3545V – 2911 yang satu ini. Kacamata bulat dengan model kekinian ini bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin tampil seperti artis-artis Korea mengingat kacamata bulat seperti ini sedang trend di kalangan anak muda jaman sekarang. Bukan hanya anak muda saja, untuk kamu yang memiliki orang tua dengan tatanan penampilan yang modis, maka kacamata ini bisa menjadi hadiah terbaik untuk mereka.

Kacamata dengan ukuran 20 x 51 x 140 mm ini sangat direkomendasikan untuk kamu para pria. Penggunaan lensa bening akan mempermudah pandangan kamu saat melihat objek dalam jarak pandang normal. Selain itu, kacamata ini juga dilengkapi lapisan anti gores dan lapisan anti radiasi yang aman digunakan saat di depan layar komputer, TV, atau gadget. Selain itu, untuk frame kacamata menggunakan bahan metal yang sangat kokoh. Bahan ini juga akan memberikan kesan maskulin dan tegas saat kacamata kamu kenakan.

Kini, untuk kamu yang ingin tampil percaya diri dengan kacamata idaman, maka beberapa rekomendasi kacamata kekinian di atas bisa menjadi pilihannya. Kamu bisa menyesuaikan jenis kacamata yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Pertanyaan Seputar Kacamata Kekinian (FAQ)


1. Berapa Harga Kacamata Kekinian?

Saat ini, berbagai produk kacamata telah banyak dijual, mulai dari jenis kacamata minus, kacamata plus, hingga kacamata kekinian yang biasa digunakan untuk gaya-gayaan. Mengenai harga, kamu juga bisa mendapatkan kacamata dengan varian harga yang berbeda-beda. Mulai dari kacamata dengan harga termurah hingga kacamata dengan harga termahal.

Namun, jika ingin memiliki kacamata dengan teknologi canggih sekaligus keluaran dari brand ternama, tentu kamu juga harus siap mengeluarkan budget lebih. Kacamata dengan brand ternama tentu memiliki kualitas yang jauh lebih bagus dibanding kacamata yang biasa-biasa saja, misalnya saja seperti kacamata merk Ray-ban, Oakley, Tom Ford, Police, dan lain-lain.

Untuk kisaran harga kacamata kekinian dengan kualitas terbaik, kamu bisa mendapatkan pada produk Ray-Ban 0RB2132F 894/76 yang dibanderol dengan harga Rp. 5.816.000. Umumnya, kacamata keluaran Ray-ban memang memiliki harga yang lebih tinggi dibanding kacamata dengan merk lain. Namun, ada pula jenis kacamata dari Ray-ban yang bisa kamu dapatkan dengan harga di bawah Rp. 1 jutaan, yaitu Ray-ban RB3447 Flash Men & Women Sunglasses yang dibanderol dengan harga Rp. 799.000. Sedangkan untuk jenis kacamata lainnya, kamu bisa mendapatkan dengan harga yang cukup bervarian. Mulai dari harga Rp. 100.000 ke atas hingga Rp. 5.000.000.

2. Bagaimana Cara Memilih Kacamata Kekinian Terbaik?

Mengingat saat ini ada banyak sekali jenis kacamata yang bisa dibeli, maka sebelum membeli kacamata yang kamu inginkan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kacamata bisa sesuai dengan karakter dan tipe wajah kamu. Berikut beberapa cara memilih kacamata kekinian yang bisa kamu lakukan dengan tepat:

  • Meskipun untuk Gaya-gayaan, Tetap Perhatikan Kenyamanan Kacamata

Sebagai salah satu fashion item yang banyak digunakan untuk memberikan kesan keren dan menarik, kacamata juga harus dipilih sesuai dengan kebutuhan. Hal yang paling penting adalah kamu harus memperhatikan kenyamanan pada kacamata tersebut yaitu kacamata yang kamu pilih harus nyaman ketika digunakan. Bentuk kacamata juga harus pas sehingga tidak menimbulkan rasa risih atau capek pada saat dikenakan.

  • Sesuaikan dengan Warna Kulit

Agar kacamata yang kamu beli tidak terlihat norak dan aneh, maka  kamu bisa sesuaikan warna frame kacamata dengan warna kulit kamu. Warna-warna kalem seperti coklat, abu-abu, putih tulang, hitam, atau krem sangat cocok untuk kamu yang memiliki kulit gelap. Sedangkan, warna-warna yang lebih terang seperti merah, hijau tua, coklat tua, dan lainnya sangat cocok untuk kamu yang memiliki kulit sawo matang. Untuk kamu yang memiliki kulit putih, kamu bisa memilih warna-warna terang yang membuat penampilannya semakin modis dan trendy, seperti biru, ungu, orange, dan lainnya.

Untuk kamu yang bingung mencocokan warna frame kacamata dengan warna kulit yang kamu miliki, maka warna-warna netral seperti hitam dan putih bisa menjadi pilihannya. Warna hitam lebih netral digunakan untuk semua tipe kulit. Sedangkan warna putih bisa disesuaikan dengan kulit yang memiliki warna yang lebih terang atau putih.

  • Pilih Frame dengan Bentuk Sesuai Tipe Wajah

Mungkin jika kamu membelinya di tokonya langsung, bentuk atau desain kacamata bisa kamu sesuaikan dengan bentuk dan karakteristik wajah, apakah cocok digunakan atau tidak. Namun, bagaimana jika kamu membelinya secara online? Tentunya untuk bisa memastikan apakah kacamata tersebut cocok atau tidak dengan wajah kita sedikit lebih sulit.

Namun, untuk bisa menyesuaikan desain dan bentuk kacamata dengan wajah kita. Kamu bisa mengukurnya secara vertikal, dimulai dari ukuran sepertiga vertikal atau kurang dari panjang alis hingga ujung dagu. Ukuran tersebut bisa memastikan desain kacamata sesuai dengan bentuk wajah kita. Saat ini ada beberapa desain kacamata yang bisa kamu sesuaikan dengan bentuk atau karakteristik wajah. Dimana desain kacamata akan menunjukan kesan lebih keren dan stylish pada diri penggunanya, seperti:

Frame Oval, Memberikan Kesan Lembut dengan Aura yang Manis

Frame atau bingkai kacamata bentuk oval memiliki bentuk seperti cangkang telur. Dimana di bagian lensa kacamata ini dibuat dengan bentuk oval yang tidak terlalu lebar. Kesan yang dipertunjukan untuk bentuk frame ini adalah lembut dengan aura yang lebih manis. Cocok digunakan untuk pria maupun wanita dengan segala usia.

Selain bentuknya yang populer di kalangan anak muda, bentuk bingkai kacamata seperti ini juga cocok dikenakan oleh orang tua. Dimana mereka akan terlihat semakin muda dengan bentuk bingkai yang lebih imut dan mungil. Untuk seseorang yang memiliki tipe wajah dengan bentuk oval atau telur, persegi, dan segitiga terbalik. Maka model frame kacamata bentuk oval ini sangat cocok untuk dipilih.

Frame Bulat, Menunjukan Sisi Penekanan Pada Diri Seseorang Secara Tidak Langsung

Bentuk kacamata bulan memang akhir-akhir ini sangat populer digunakan. Selain banyak digunakan untuk gaya-gayaan, bentuk kacamata seperti ini juga cocok dikenakan bagi siapa saja, baik yang muda ataupun yang tua. Tipe frame bulat atau yang bisa disebut dengan Lloyd Glasses menjadi model kacamata yang banyak dipilih setelah sering digunakan oleh aktor John Lennon dimana untuk kamu yang mengenal sosok John Lennon, maka tidak asing lagi dengan model kacamata dengan frame bulat seperti ini.

Kacamata dengan bentuk bulat akan menunjukan sisi penekanan pada diri seseorang. Bentuk kacamata ini akan menunjukan jati diri seseorang yang lebih menonjol. Untuk bentuk kacamata seperti ini bisa dikenakan oleh siapa saja, baik yang muda ataupun yang tua. Selain itu, bentuk kacamata ini juga direkomendasikan untuk semua tipe wajah, baik itu untuk tipe wajah oval, panjang, bulat, segitiga terbalik, persegi, dan lainnya. Yang penting adalah kamu bisa percaya diri saat menggunakan kacamata bentuk bulat seperti ini.

Frame Kotak atau Persegi, Menunjukan Sisi dan Kesan Cool dan Cerdas

Kacamata bentuk kotak atau persegi akan menunjukan sisi dan kesan lebih cool, cerdas, dan bahkan lebih stylish saat dikenakan sehari-hari. Kacamata ini bisa dikenakan untuk pria maupun wanita dimana jika seseorang menggunakan kacamata seperti ini maka akan terlihat lebih tegas, berwibawa, dan bahkan lebih ekspresif. Sangat cocok dikenakan untuk mereka kaum pekerja yang sehari-hari di depan komputer.

Selain menunjukan sisi cool, tegas, dan cerdas, kacamata ini juga bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Kacamata ini lebih direkomendasikan untuk mereka yang memiliki tipe wajah bulat dan oval karena dengan menggunakan kacamata bentuk kotak atau persegi, maka wajah akan terlihat lebih tirus.

Frame Kotak atau Persegi, Menunjukan Sisi dan Kesan Cool dan Cerdas

Kacamata bentuk kotak atau persegi akan menunjukan sisi dan kesan lebih cool, cerdas, dan bahkan lebih stylish saat dikenakan sehari-hari. Kacamata ini bisa dikenakan untuk pria maupun wanita dimana jika seseorang menggunakan kacamata seperti ini maka akan terlihat lebih tegas, berwibawa, dan bahkan lebih ekspresif. Sangat cocok dikenakan untuk mereka kaum pekerja yang sehari-hari di depan komputer.

Selain menunjukan sisi cool, tegas, dan cerdas, kacamata ini juga bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Kacamata ini lebih direkomendasikan untuk mereka yang memiliki tipe wajah bulat dan oval karena dengan menggunakan kacamata bentuk kotak atau persegi, maka wajah akan terlihat lebih tirus.

Frame Fox, Menunjukan Sisi Eleganitas, Kepopuleran dan Fashionable pada Wanita

Jika ingin memiliki bentuk kacamata yang lebih gaya dan fashionable, maka kacamata dengan frame fox bisa menjadi pilihannya. Meskipun desain kacamata ini lebih banyak digunakan untuk gaya-gayaan, namun jika kamu ingin terlihat lebih modis dengan model kacamata trendy, maka desain kacamata fox bisa menjadi pilihannya.

Untuk penggunaannya, kacamata ini lebih direkomendasikan untuk mereka yang memiliki tipe wajah bundar, panjang, dan wajah berbentuk telur. Tipe wajah tersebut jika menggunakan kacamata fox akan memberikan kesan lebih elegan, modis, dan juga stylish. Selain itu, kacamata ini lebih cocok dikenakan untuk kaum wanita.

Frame Rimless Half rim-Under rim, Memberikan Kesan Lebih Natural dan Cocok untuk Orang Tua

Kacamata Rimless Half rim-Under rim adalah model kacamata yang dibuat tanpa menggunakan bingkai di bagian atas dan bawah lensa. Kacamata ini terlihat lebih transparan saat digunakan. Biasanya, model kacamata ini lebih disukai oleh mereka yang berusia tua. Model kacamata yang simple dengan bobot yang lebih ringan akan didapat dalam model kacamata yang satu ini.

Kacamata ini bisa digunakan oleh pria maupun wanita, namun lebih direkomendasikan untuk pria. Sedangkan, untuk tipe wajah yang cocok menggunakan kacamata ini adalah tipe wajah telur, persegi, dan bulat dimana mereka akan terlihat lebih tenang dan simple saat mengenakan kacamata ini.

  • Pilih Kacamata dengan Bobot Frame Ringan

Agar kacamata lebih nyaman digunakan, maka kamu juga harus melihat berapa bobot kacamata yang akan digunakan. Untuk bobot kacamata sendiri tergantung dari bahan frame yang digunakan. Saat ini, ada banyak jenis kacamata baca yang menggunakan bahan frame yang berbeda-beda. Namun sejauh ini, bahan frame yang digunakan untuk kacamata baca hanya dibagi menjadi 3 bahan, yaitu bahan plastik, bahan logam, dan juga bahan bermutu tinggi dimana beberapa bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing:

Bahan Plastik, Bobot Lebih Ringan Dibandingkan dengan Bahan Lainnya

Dalam pembuatan bingkai atau frame kacamata, bahan plastik memang lebih sering digunakan karena lebih ringan dibanding bahan lainnya sehingga lebih nyaman digunakan sehari-hari. Saat ini, ada 4 jenis bahan plastik yang paling sering digunakan dalam pembuatan bingkai kacamata, yaitu:

  • Asetat, bahan plastik ini memiliki bobot yang sangat ringan dan sering digunakan untuk bingkai kacamata. Meskipun bobotnya sangat ringan, namun bahan ini memiliki kelemahan yaitu mudah terbakar panas.
  • Optil, bahan plastik ini lebih ringan dari asetat, bisanya digunakan untuk bingkai kacamata transparan. Untuk kelemahannya sendiri, bahan ini tidak tahan panas dan sangat mudah terbakar.
  • Seloluid, bahan plastik yang cukup trend di akhir-akhir tahun lalu. Bahan ini cukup sering digunakan karena memiliki kualitas ketahanan panas yang lebih baik dibandingkan bahan sebelumnya.
  • Tipe TR, bahan plastik yang juga digunakan sebagai alat-alat medis ini juga sering digunakan sebagai bahan bingkai kacamata. Bobotnya ringan dan memiliki kualitas yang bagus dan lebih tahan panas.

Bahan Metal atau Logam, Memberikan Kesan Stylish dan Tajam Saat Digunakan

Bahan metal atau logam juga sering digunakan untuk bingkai atau frame kacamata. Biasanya bahan ini lebih sering dipilih untuk memberikan kesan lebih macho, stylish, dan tajam untuk penggunanya. Bahan ini juga sangat cocok jika digunakan sehari-hari, dimana bobotnya tidak terlalu ringan dan juga tidak terlalu berat.

Untuk bahan logam yang paling sering digunakan dalam pembuatan bingkai kacamata adalah bahan titanium murni. Bahan ini memiliki sifat yang lebih kuat dengan bobot yang lebih ringan. Ada juga bahan titanium alloy. Bahan ini lebih berat dibanding titanium murni. Sedangkan, untuk orang yang memiliki alergi terhadap bahan logam, maka bisa pilih bahan metal.

Bahan Bermutu Tinggi, Memberikan Kesan Keren untuk Penggunanya

Ada beberapa bahan bermutu tinggi khusus yang juga digunakan dalam pembuatan bingkai kacamata, seperti tortoiseshell, emas, perak, platinum, dan bahkan berlian. Beberapa bahan ini sengaja dipilih karena memiliki nilai yang cukup tinggi. Selain itu, bahan bingkai ini juga tidak menimbulkan efek alergi meskipun digunakan dalam waktu yang panjang.

Untuk bahan tortoiseshell, umumnya dipilih karena terbuat dari bahan alami. Bahan ini biasanya dipilih karena memiliki kualitas yang sangat bagus dan bahkan tidak menyebabkan elergi di sekitar kulit akibat penggunaan bingkai kacamata. Namun, untuk harganya sendiri sepadan dengan kualitas dan mutunya.

Sedangkan, untuk emas, perak, platinum, dan berlian juga sering digunakan karena memiliki mutu yang sangat bagus. Namun, untuk penggunaan lama harga dan kadar bahan ini bisa saja berkurang. Biasanya, untuk bingkai kacamata emas menggunakan kadar khusus sekitar 12 atau 18. Atau untuk mereka yang menginginkan kadar tertentu bisa lebih kurang ataupun lebih tinggi dari kadar tersebut.

  • Pastikan Kacamata Bisa Melindungi Mata dengan Sempurna

Sebelum membeli kacamata, pastikan dulu lebar frame pada kacamata tersebut. Lihat apakah ukurannya sesuai dengan bentuk mata atau tidak. Jika kamu ingin membeli kacamata dengan frame yang lebar, maka pastikan juga ukuran kacamata tersebut. Jangan sampai kacamata kebesaran atau bahkan kekecilan saat digunakan. Begitu pula saat kamu memilih model kacamata kecil, pastikan jika kacamata dapat melindungi mata kamu dengan sempurna.

3. Bagaimana Cara Merawat Kacamata Agar Tetap Awet?

Agar kacamata tetap awet, bersih, dan tidak timbul goresan-goresan halus pada lensa, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat kacamata agar tetap awet terutama saat kacamata dibersihkan. Berikut cara merawat kacamata yang bisa kamu lakukan dengan mudah:

  • Saat kacamata ingin dibersihkan, hindari untuk membersihkan kacamata dalam keadaan kering. Hal ini dapat menimbulkan goresan-goresan halus pada lensa secara permanen terutama untuk lensa yang tidak dilengkapi dengan pelindung anti gores.
  • Jika ingin mencucinya, kamu bisa cuci kacamata dengan air dingin atau air kran yang mengalir. Jangan gunakan air panas, sikat, dan sebagainya karena bisa menyebabkan lapisan kacamata rusak atau menjadi buram.
  • Gunakan sabun lembut atau cairan pembersih lainnya yang tidak mengandung alkohol jika ingin lensa benar-benar bersih.
  • Setelah dicuci, lap kacamata dengan kain halus ataupun kain berserat mikro. Kamu bisa menggunakan lap yang ada di kotak hardcase kacamata.
  • Saat kacamata tidak digunakan, kamu bisa menyimpannya di dalam hardcase ataupun tempat yang aman dari jangkauan anak-anak. Pilih tempat yang bersih dan terhindar dari debu dan kotoran.

4. Apa Fungsi Kacamata?

Sebagai salah satu alat bantu penglihatan, kacamata memiliki beragam fungsi yang banyak digunakan sehari-hari. Mulai dari menyempurnakan penglihatan bagi penderita mata plus atau minus, penderita mata silinder, kelainan mata lainnya, penghalang sinar radiasi dan UV, dan masih banyak lagi.

Selain digunakan untuk alat bantu penglihatan, kacamata juga banyak digunakan untuk trend fashion masa kini dimana banyak orang menggunakan kacamata hanya untuk gaya-gayaan saja, seperti kacamata kekinian yang sudah dijelaskan di atas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 4 =