Musim Dingin Di Jepang, Baca Dulu Sebelum Traveling ke Sana!

shirakawa go musim dingin

Ingin liburan ke Jepang saat musim dingin? Kenapa tidak!

Mungkin banyak orang menganggap musim semi adalah saat paling menyenangkan, sedangkan musim dingin di Jepang bisa bikin menggigil sekujur tubuh dan bukanlah waktu ideal untuk menikmati negeri Sakura.

Tapi jangan salah, ternyata justru ada banyak sekali kegiatan seru yang cuma bisa dinikmati di Jepang saat musim dingin datang.

Nah, sebelum berangkat ke Jepang, yuk cari tahu dulu seperti apa sih iklim dan suhu di sana saat musim dingin.

Suhu Musim Dingin di Jepang

salju di tokyo

Hal utama yang harus dicek sebelum liburan musim dingin di jepang adalah iklim dan suhu tempat tujuan agar liburan bisa berjalan lancar tanpa hambatan. Umumnya, musim dingin di Jepang dimulai dari bulan Desember hingga Februari. Di masa 3 bulan inilah suhu terdingin di Jepang bisa dirasakan.

Di awal bulan Desember karena masih dalam masa peralihan dari musim gugur sebelumnya, suhu tertinggi masih mencapai 28.8 derajat celcius dengan suhu terendahnya sekitar 21.8 derajat celcius.

Bulan Januari yang dicap sebagai bulan terdingin di Jepang. Di bulan ini, suhu terendah bisa mencapai 1.8 derajat celcius, lho! Sedangkan untuk suhu tertingginya sekitar 9.6 derajat celcius. Apalagi, angin dingin yang kerap berhembus pun membuat suhu jadi makin dingin.

Untuk bulan Februari, suhu masih terhitung sangat dingin untuk ukuran warga negara tropis seperti Indonesia. Dimana suhu tertinggi hanya sampai 10.3 derajat celcius, sementara suhu terendahnya bisa mencapai 2.7 derajat celcius.

Kegiatan Seru dan Destinasi Wisata Saat Musim Dingin di Jepang

jalan-jalan ke jepang

Saat musim dingin di Jepang, yang paling asyik tentu bermain salju. Sebagai penduduk negara tropis di mana tidak turun salju, jangan lewatkan kesempatan ini ya!

Kamu juga bisa coba bermain ski di berbagai ski resort Jepang yang sudah mulai beroperasi dari bulan Desember. Nikmati serunya bermain di ski resort sambil menikmati indahnya alam pegunungan yang dilapisi salju.

Selain bermain ski, kamu juga bisa coba menginap di penginapan-penginapan tradisional. Biasanya penginapan ini menyediakan onsen (kolam) air panas di alam terbuka. Mandi air panas sambil menikmati pemandangan salju bisa jadi alternatif untuk relaksasi, nih.

Kamu juga bisa menghabiskan waktu berkeliling kota Tokyo untuk menikmati salju. Pemandangan salju di kota modern ini pastinya keren banget dan sayang untuk dilewatkan. Nuansa serba putih di kota Tokyo ini dijamin bikin acara jalan-jalan ke Jepang jadi makin berkesan.

Festival Musim Dingin di Jepang

Menyambut datangnya musim dingin, banyak sekali festival menarik yang digelar di negeri sakura ini. Ini dia beberapa festival musim dingin yang bisa dinikmati saat jalan-jalan ke Jepang.

1. Yamanakako Fuji Mountain Winter Festival

jalan-jalan ke jepang

Ada kegiatan seru yang digelar di sekitar Gunung Fuji saat musim dingin, yaitu Festival Yamanakako. Festival musim dingin di Jepang ini dihadiri masyarakat dari berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Di sini para pengunjung bebas bermain salju bahkan membuat orang-orangan salju. Ditambah bonus pemandangan indah Fuji Five Lakes, festival ini jadi makin menyenangkan dan menarik minat banyak pengunjung.

Festival musim dingin Yamanakako diadakan pada tanggal 5 Februari – 29 Februari, mulai pukul 09.00 – 17.00 waktu setempat. 

2. Sapporo Snow Festival

jalan-jalan ke jepang

Ini dia salah satu festival musim dingin yang banyak diburu turis mancanegara, yakni Sapporo Snow Festival. Berlokasi di Sapporo sesuai namanya, festival ini menampilkan lebih dari 200 ukiran patung es dan salju yang berbeda-beda setiap tahunnya.

Yang lebih fantastis lagi ada pula setidaknya dua bangunan salju raksasa yang jadi atraksi utama di festival ini. Festival ini akan semakin ramai di malam hari karena ada tambahan iluminasi cahaya lampu yang menyorot berbagai ukiran es dan salju tersebut.

Sapporo Snow Festival diadakan tanggal 1 – 12 Februari di kota Sapporo. Jangan lupa datang ke festival ini untuk liburan musim dingin yang berkesan, ya!

3. Asahikawa Winter Festival

jalan jalan ke jepang musim dingin

Di Asahahikawa, kamu bisa menikmati festival musim dingin terbesar kedua setelah Sapporo Snow Festival. Di Asahikawa Winter Festival, terdapat satu bangunan salju besar yang dipahat menyerupai kastil nan megah.

Tak hanya itu, terdapat pula banyak patung pahatan es dan salju lainnya yang bisa dilihat. Selain itu akan ada juga pertunjukan hiburan dari para warga lokal yang bisa disaksikan.

Catat tanggalnya, Asahikawa Winter Festival ini bisa dikunjungi pada 7 Februari – 12 Februari.

4. Yokote Kamakura Festival

jalan jalan ke jepang musim dingin

Nikmati sensasi festival musim dingin yang mengagumkan di Yokote Kamakura Festival. Di festival ini, ada puluhan rumah salju buatan serta ratusan rumah salju berukuran kecil yang dilengkapi dengan cahaya lilin di dalamnya.

Suasana romantis dan menenangkan ini sangat pas dinikmati bersama pasangan atau keluarga yang kamu sayangi. Psst… kabarnya festival ini sudah ada di Jepang sejak zaman dulu dan kini umurnya sudah sampai 400 tahun, lho! Layak banget untuk didatangi, nih.

Digelar pada tangal 15 Februari – 16 Februari, festival di kota Yokote ini bisa dinikmati dengan membayar biaya masuk sebesar 100 yen.

5. Tokamachi Snow Festival

jalan jalan ke jepang musim dingin

Bisa dibilang festival satu ini adalah yang paling unik dari yang sebelum-sebelumnya.

Di Tokamachi Snow Festival, kamu bisa menyaksikan langsung berbagai ukiran salju, pahatan patung es, bangunan tradisional Jepang dengan nuansa musim gugur, panggung hiburan dan ditutup dengan festival kembang api yang meriah. Waaah seru banget kan?

Konon festival ini sudah mulai diadakan sejak tahun 1950 oleh para penduduk di Tokamachi untuk membuat musim dingin jadi lebih menyenangkan. Festival seru ini bisa dikunjungi pada 17 Februari – 19 Februari secara gratis, tanpa biaya masuk.

6. Yuki-Doro Festival

jalan jalan ke jepang musim dingin

Memiliki konsep unik dan berbeda, Yuki-Doro Festival ini sangat sayang untuk dilewatkan. Festival ini rutin diadakan di Taman Hirosaki saat musim dingin datang.

Acara ini merupakan festival lentera salju di mana lentera-lentera ini ditampilkan layaknya galeri lukisan di lokasi outdoor. Jejeran lentera ini memuat gambar-gambar cantik layaknya lukisan dengan obyek khas Jepang.

Selain itu ada pula lentera-lentera buatan tangan hasil karya penduduk setempat yang ditampilkan. Festival ini sudah diadakan sejak tahun 1977 dan masih saja menarik perhatian banyak orang hingga sekarang. Festival ini biasa diadakan pada bulan Februari saat puncak musim dingin tiba.

7. Iwate Snow Festival

musim dingin di jepang bulan apa

Satu lagi festival musim dingin seru yang wajib dikunjungi, Iwate Snow Festival. Festival tahunan yang diadakan di area pertanian Koiwai, prefektur Iwate ini gak pernah sepi pengunjung, lho!

Beragam bentuk patung pahatan salju besar yang dipamerkan di sini dibuat sesuai tema festival berbeda-beda yang diusung tiap tahunnya. Di sini juga terdapat arena kereta seluncur yang bisa dinikmati anak-anak hingga orang dewasa.

Yang paling unik dari festival ini dibandingkan festival musim dingin lainnya adalah adanya pembakaran daging domba di dalam kamakura atau rumah salju.

Selain itu kamu juga bisa menikmati kuliner khas dari Hokkaido dan Tohoku, yakni Gengis Khan yang terbuat dari daging domba. Pastinya super yummy, nih!

Gak sabar mau datang ke festival ini? Catat tanggalnya di 4 – 12 Februari, ya!

Wisata Salju di Jepang

1. Shirakawa-Go

musim dingin di jepang bulan apa

Desa dengan perumahan tradisional unik bisa kamu temukan di Shirakawa-Go. Rumah-rumah tradisional dari kayu ini memiliki atap yang tinggi dan lebar. Pemandangan perumahan ini akan makin cantik saat turun salju.

Desa ini juga merupakan salah satu warisan UNESCO karena ciri bangunannya yang tidak pernah berubah sejak dulu.

2. Tateyama Kurobe Alpine Route

musim dingin di jepang bulan apa

Keindahan wilayah pegunungan tertutup salju bisa kamu saksikan dengan menyusuri jalan bertembok salju sepanjang 8 hingga 10 meter. Jika terlalu lelah untuk melakukan pendakian, kamu bisa coba naik cable car yang tersedia.

Dari atas ketinggian, kamu akan melihat pemandangan menakjubkan yang lebih indah. Worth to try!

3. Blue Lake Furano

jalan-jalan ke jepang sendiri

Berada di Hokkaido, Blue Lake Furano yang membeku bisa dikunjungi saat musim dingin tiba.

Danau ini memiliki air warna biru karena berisi air mineral. Ditambah dengan ranting pepohonan yang diselimuti salju di tengah danau akan menghasilkan pemandangan yang luar biasa indahnya.

4. Gala Yuzawa Snow Resort

jalan-jalan ke jepang sendiri

Saat memakai jas sebagai luaran, usahakan untuk menampakkan sedikit bagian ujung kemeja yang lebih panjang dari ujung lengan jas.

5. Jigokudani Monkey Park

suhu di jepang bulan desember

Berlokasi di utara prefektur Nagano, tempat unik satu ini adalah rekomendasi bagi pencinta wisata alam. Yang membuat tempat ini berbeda adalah adanya onsen atau kolam pemandian air panas yang dipakai berendam oleh para monyet liar berbulu tebal.

Meskipun termasuk monyet liar, tapi mereka ini sangat akrab dengan manusia dan tidak akan mengganggu. Bahkan mereka tampak seolah tidak peduli meski dikerumuni banyak orang.

Kamu juga bisa lho mencoba berendam di onsen ini bersama para monyet untuk sensasi berendam yang berbeda. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan pedesaan lalu menyewa sepeda untuk berkeliling menyusuri sunga Yokoyu yang bersih dan indah.

Makanan Yang Bisa Dinikmati Saat Musim Dingin di Jepang

Jalan-jalan ke Jepang tentunya belum lengkap tanpa acara makan-makan kan? Nah, ini dia rekomendasi jenis makanan yang bisa dinikmati saat musim dingin di Jepang.

1. Yudofu

kisah perjalanan ke jepang

Tahu lembut yang disajikan dalam hot pot ini dimasak bersama kuah kaldu dan berbagai sayuran. Biasanya yudofu dihidangkan bersama saus ponzu atau yuzu kosho yang berbahan cabe, kulit jeruk dan garam.

2. Yosenabe

kisah perjalanan ke jepang

Hidangan berkuah ini diisi dengan daging, seafood dan sayuran lalu dimasak dalam hot pot. Menu andalan untuk dimakan saat musim dingin, nih.

3. Mizutaki

kisah perjalanan ke jepang

Satu lagi hidangan sup yang sangat nikmat. Mizutaki menggabungkan daging ayam, jamur dan sayuran dengan kuah konbu (sejenis nori atau rumput laut). Setelah itu semuanya direbus dalam satu panci besar lalu dihidangkan.

4. Tori Zosui

solo backpacker ke jepang

Menu satu ini memiliki tekstur mirip dengan bubur. Tori zosui menggunakan bahan dasar nasi yang dimasak bersama sayuran dan potongan ayam. Menu ini makin nikmat disantap bersama saus ponzu atau yuzu kosho.

5. Oden

solo backpacker ke jepang

Jajanan paling favorit ini paling enak dimakan saat musim dingin. Sate baso ikan, cumi, gurita, tahu dan jenis seafood lainnya direbus dalam kuah kaldu ikan sehingga rasanya jadi sangat gurih.

Baju Untuk Musim Dingin di Jepang

pakaian musim dingin di jepang

Untuk pakaian musim dingin di Jepang, yang pas adalah baju berlapis dilengkapi dengan luaran coat atau winter jacket. Terutama jika kamu pergi ke area yang windy atau banyak anginnya seperti Tokyo, persiapan pakaian musim dingin yang lengkap tentunya penting sekali.

Jangan lupa kenakan set atasan dan bawahan long john untuk melindungi tubuh dari angin dingin. 

Lalu kamu bisa lapisi dengan sweater ditambah coat. Tambahkan sarung tangan, syal, ear muff dan beanie hat juga untuk melindungi bagian telapak tangan, leher, dan telinga.

Pastikan untuk menggunakan kaos kaki wol tebal untuk perlindungan kaki. Intinya, jangan biarkan ada bagian tubuh terekspos jika tidak ingin menggigil karena dingin.

Ternyata banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan di Jepang saat musim dingin datang.

Click to Tweet

Itu tadi hal-hal berkaitan dengan musim dingin di Jepang yang harus kamu ketahui.

Jadi tidak hanya musim semi yang menyenangkan untuk jalan-jalan di Jepang, musim salju/dingin tak kalah menariknya bukan?

Nah, sebelum menikmati musim dingin di Jepang, pastikan semua sudah dipersiapkan dengan baik, agar liburan kamu bisa menyenangkan.

Selamat liburan!

image credit: xiaovee.com, noren-id.com, vill.yamanakako.yamanashi.jp.e.kh.hp.transer.com, jpninfo.com, japan-guide.com, tokyoweekender.com, aomorimori.wordpress.com, en.japantravel.com, ana-cooljapan.com, mylittleadventure.com, pandotrip.com, goodlucktripjapan.com, 5-five-5.blogspot.co.id, welcomekyushu.com, japan.recipetineats.com, tokyodinner.com, zonajepangkorea.blogspot.co.id, gayahidup.dreamers.id, jalan2kejepang.com 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *