Pakaian Adat Jawa Tengah: Rekomendasi Model dan Harga Terbaru 2019

pakaian adat jawa tengah

Jawa Tengah adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Dimana provinsi satu ini sebagian besar kotanya masih mempertahankan adat budaya dari nenek moyang. Beberapa kota di Jawa Tengah yang masih mempertahankan keaslian adat dan budayanya adalah Kota Solo dan Kota Yogyakarta. Di kedua kota ini kamu bisa menemukan adat istiadat yang masih asli dan belum berubah sampai sekarang ini.

Meskipun teknologi sudah memasuki kedua kota ini, namun pemerintah kota dan masyarakatnya memang ingin mempertahankan kearifan budaya yang sudah ada sejak zaman dahulu kala. Tidak hanya mempertahankan keaslian atau kebiasaan sesuai adat dan budaya saja, namun kedua kota ini juga masih mempertahankan bangunan sejarahnya. Bangunan peninggalan sejarah yang pasti kamu temukan di kedua kota ini adalah keraton. Keraton sendiri adalah sebuah bangunan yang memiliki fungsi sebagai tempat pemerintahan raja pada masa dahulu kala.

Bagi kamu yang ingin melihat pertunjukan kebudayaan maka datanglah pada hari perayaan tertentu seperti pada tanggal 1 Suro. Pada hari-hari ini, keraton akan dibuka dan akan ada acara peringatan khusus dari pihak keraton. Selain Solo dan Yogyakarta, masih ada banyak kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah dan tentu saja masih kental dengan adat budaya yang ada di kota tersebut.

5 Pakaian Adat Dari Jawa Tengah

Selain masih mempertahankan bangunan prasejarah yang ada di kota tersebut, masyarakat di Provinsi Jawa Tengah juga masih menggunakan pakaian adat, baik itu untuk dikenakan setiap hari maupun untuk acara adat-istiadat tertentu. Pakaian adat merupakan jenis pakaian yang berfungsi sebagai penanda atau pembeda antara satu daerah dengan daerah yang lain di Indonesia. Biasanya, setiap provinsi tidak hanya ada satu suku saja namun ada beberapa suku dan hal ini menyebabkan munculnya lebih dari satu jenis pakaian adat di suatu daerah. Provinsi Jawa Tengah memiliki beberapa pakaian adat yang bisa kamu beli secara online seperti di bawah ini.

1. Baju Beskap

Harga: Rp. 215.000

Cek di Bukalapak

Spesifikasi Baju Beskap
KategoriJas
Berat700 gram
SizeAll Size

Baju beskap adalah sebuah pakaian adat dari Jawa Tengah yang memiliki bentuk seperti jas. Meskipun memiliki jenis yang sama dengan jas namun bentuknya sangatlah berbeda dengan jas pada umumnya atau dengan jas yang biasa digunakan untuk bekerja di kantor. Sebab jika pada jas kantor kamu akan menemukan sebuah jas dengan kancing di bagian tengah saja. Namun baju beskap ini memiliki kancing agak sedikit menyamping baik itu menyamping ke kanan maupun menyamping ke kiri. Bahkan ada juga baju beskap yang memiliki kancing di bagian dada atas kanan dan juga kiri. Selain berbeda pada letak kancingnya, biasanya di dalam baju beskap ada tambahan baju lagi yang berwarna putih.

Baju beskap sendiri merupakan pakaian adat Jawa Tengah yang biasanya digunakan oleh para pria di acara-acara tertentu utamanya di acara resmi. Acara resmi tersebut seperti pada acara pernikahan atau acara adat-istiadat tahunan. Tidak hanya secara online, kamu juga bisa membeli baju beskap di beberapa toko offline atau pasar tradisional. Namun bagi kamu yang memang tidak memiliki waktu untuk berbelanja maka ada baiknya menggunakan aplikasi online untuk membeli baju beskap satu ini karena tentu lebih mudah membeli secara online daripada langsung datang ke tokonya langsung.

2. Baju Ewes Ewes

Harga: Rp. 306.600

Cek di Bukalapak

Spesifikasi Baju Ewes Ewes
KategoriSetelan
Berat700 gram
SizeOther Size

Pakaian adat selanjutnya yang dimiliki oleh Provinsi Jawa Tengah adalah baju ewes ewes. Baju ini terbuat dari kain dengan bahan beludru. Dimana seperti yang kita ketahui jika kain beludru adalah tipe kain dengan tekstur yang sangat lembut ketika disentuh dan sangat nyaman saat digunakan. Sangat jarang sebuah pakaian adat dibuat dari kain beludru. Sebab selain susah dicari, kain jenis ini termasuk ke dalam jenis kain dengan harga jual yang cukup mahal.

Baju ewes ewes ini sendiri biasanya digunakan untuk acara pernikahan maupun kegiatan resmi seperti peringatan hari adat-istiadat. Namun mungkin kamu akan bertanya tentang baju ewes ewes ini sebagai baju pernikahan di Provinsi Jawa Tengah, sebab baju ini memang sangat jarang dipakai pada acara pernikahan. Ada pakaian adat sendiri dari Jawa Tengah yang digunakan sebagai pakaian untuk acara pernikahan.

Di Jawa Tengah, baju ewes ewes lebih sering digunakan pada acara keratonan ataupun oleh orang-orang yang masih menjadi seorang abdi di dalam keraton tersebut. Karena memang pada dasarnya baju ewes ewes ini termasuk ke dalam baju ningrat yang dulu digunakan oleh para bangsawan.

3. Pakaian Adat Pengantin Jawa Tengah

Harga: Rp. 2.550.000

Cek di Bukalapak

Spesifikasi Baju Pengantin Jawa Tengah
KategoriKebaya
Berat4 Kilogram
SizeAll Size

Apakah kamu warga Jawa Tengah dan akan menikah? Atau, kamu mendapatkan pasangan yang berasal dari Provinsi Jawa Tengah?

Maka sebelum kamu menikah, ada baiknya jika kamu mencari tahu tentang pakaian adat Jawa Tengah yang digunakan untuk menikah sehingga kamu akan lebih mudah untuk menentukan bagaimana konsep pernikahan yang akan kamu gunakan bersama pasangan kamu. Selain itu, pakaian adat pengantin dari Jawa Tengah juga sering digunakan saat ada pawai atau karnaval budaya yang ada di Jawa Tengah.

Bahkan, tidak hanya pawai budaya di daerah Jawa Tengah, terkadang pakaian adat pengantin Jawa Tengah juga sering digunakan untuk pawai budaya di daerah yang lainnya. Ini dikarenakan pakaian pengantin khas Jawa Tengah memiliki motif baju yang sangat indah dan beda dari daerah yang lainnya.

Baju pengantin Jawa Tengah sendiri terbuat dari kain beludru sehingga meskipun digunakan dalam waktu yang lama tidak akan membuat badan menjadi panas dan tetap merasa nyaman saat di pesta pernikahan tersebut. Pakaian adat pengantin Jawa Tengah memiliki warna dasar hitam dengan hiasan payet berwarna emas sehingga nampak sangat indah saat digunakan. Biasanya, untuk perempuan bisa berhijab ataupun tidak sedangkan untuk laki-lakinya menggunakan blangkon.

4. Baju Surjan Motif Bunga

Harga: Rp. 75.000

Cek di Bukalapak

Spesifikasi Baju Surjan Motif Bunga
KategoriKemeja
Berat250 Gram
SizeM, L, XL, All Size

Selain baju beskap, di Provinsi Jawa Tengah juga memiliki pakaian adat untuk pria yang bernama pakaian surjan dengan motif bunga. Meskipun bermotif bunga namun tetap elegan dan tidak mengurangi wibawa pria yang memakainya. Ada banyak pilihan warna untuk pakaian surjan dengan motif bunga ini dan dijamin akan membuat penampilan kamu semakin menawan juga bisa memancarkan kharisma yang kamu miliki.

Ada beberapa model baju surjan motif bunga yang bisa kamu coba untuk dikenakan. Namun kebanyakan orang lebih menyukai model baju surjan yang pas dibadan dan tidak terlihat kebesaran. Baju yang terlalu besar justru akan mengurangi kesan wibawa dari tubuh kamu. Apalagi bagi kamu yang memang memiliki badan tegap dengan otot berbentuk maka memilih menggunakan baju surjan motif bunga yang pas dibadan adalah pilihan yang sangat tepat.

Baju surjan motif bunga ini terbuat dari bahan katun atau bahan wolfis. Kedua jenis kain ini merupakan jenis kain yang paling diminati oleh pembeli, sebab kain katun ketika digunakan akan memberikan kesan yang dingin dan tidak mudah kusut.

5. Baju Surjan Motif Garis

Harga: Rp. 57.000

Cek di Bukalapak

Spesifikasi Baju Surjan Motif Garis
KategoriBusana Pria
Berat400 Gram
SizeS, M, L, XL (Standar Lokal)

Selain baju surjan motif bunga, ada baju surjan motif garis yang termasuk ke dalam pakaian adat dari Jawa Tengah. Bagi kamu yang pernah berkunjung ke salah satu kota di Jawa Tengah maka tentu saja kamu sudah pernah melihat orang Jawa Tengah yang menggunakan pakaian surjan motif garis ini. Namun paling mudah untuk menemukan orang yang menggunakan baju surjan motif garis ini adalah dengan pergi ke salah satu keraton yang ada di kota tersebut.

Kebanyakan tukang parkir yang ada di keraton diwajibkan untuk menggunakan baju surjan motif garis ini. Karena bagi masyarakat Jawa Tengah, baju surjan motif garis ini tidak hanya sekedar baju namun juga bisa diartikan sebagai identitas masyarakat Jawa Tengah sekaligus sebagai wujud cinta tanah air sehingga masih menggunakan pakaian adatnya sebagai pakaian setiap hari. Namun ada suatu peraturan berbeda di dalam keraton. Dimana yang bekerja disana atau yang biasa disebut sebagai abdi dalem keraton diwajibkan untuk selalu mengenakan pakaian adat Jawa Tengah selama masih di dalam masa kerja di keraton.

Hal-hal yang Sering Ditanyakan Seputar Pakaian Adat Jawa Tengah (FAQ)

Jawa Tengah adalah provinsi yang ada di Pulau Jawa dimana provinsi ini berada ditengah-tengah Provinsi Jawa Barat dengan Provinsi Jawa Timur. Karena terletak di tengah-tengah, ini membuat kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah memiliki cuaca yang bisa dibilang lebih sejuk dibandingkan dengan kota yang ada di provinsi lain. Ibukota dari Provinsi Jawa Tengah adalah Kota Semarang. Dimana di kota ini juga masih sangat kental akan adat-istiadat masa dahulu yang berasal dari nenek moyang. Bahkan, bagi kamu yang memang ingin mengenal atau mengetahui sejarah masa penjajahan kolonial Belanda di Jawa Tengah, kamu bisa memulainya dari Kota Semarang.

Selain pakaian adatnya di Provinsi Jawa Tengah, masih ada banyak sekali hal-hal yang bisa  kamu eksplor saat berlibur ke provinsi ini. Mulai dari beberapa kuliner terkenal seperti Gudeg Jogja, Nasi Timlo Solo, Lumpia Semarang, Tahu Petis, dan masih ada banyak lagi. Atau kamu juga bisa berwisata sejarah maupun wisata religi di beberapa bangunan bersejarah yang masih berdiri kokoh hingga saat ini.

Bahasa daerah Provinsi Jawa Tengah sendiri adalah Bahasa Indonesia dan juga Bahasa Jawa. Di Provinsi ini, kamu bisa menemukan beberapa suku asli yang masih ada hingga sekarang. Sebab di Jawa Tengah tinggal sekitar 11 suku bangsa yang hidup damai dan saling gotong royong.

Bagi kamu yang berkunjung ke Jawa Tengah dan ingin membeli salah satu dari kelima pakaian adat di atas, kamu harus memperhatikan beberapa tips berikut ini.

A. Pastikan Pakaian Adat Terbuat dari Kain Berkualitas Tinggi

Hal pertama dan harus selalu kamu ingat saat akan membeli sebuah pakaian adat baik itu secara online maupun offline adalah memastikan pakaian tersebut terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi. Mungkin akan lebih mudah jika membelinya secara online sebab kamu hanya tinggal membaca deskripsi yang sudah disediakan oleh pihak toko online tempat kamu membeli pakaian adat tersebut. Namun jika kamu membelinya di pasar tradisional maka pastikan kamu menyentuhnya dan mengeceknya sendiri sebelum membelinya. Dan pastikan setiap informasi yang dikatakan oleh penjual memang benar adanya agar kamu tidak menderita kerugian.

B. Tawar Sebelum Membeli

Tawar-menawar barang adalah hal yang wajib kamu lakukan sebelum membayar barang belanjaan kamu. Dari proses tawar-menawar ini kamu bisa mendapatkan harga barang yang jauh lebih murah setelah menawarnya. Biasanya, para pedagang akan menetapkan harga barang yang sangat tinggi apalagi jika tahu kamu dari luar daerah atau tahu kamu seorang wisatawan.

Memang, bagi para pedagang, seorang wisatawan dianggap memiliki uang yang lebih banyak dibandingkan dengan masyarakat yang ada di sekitar pasar tersebut. Namun saat kamu menawar jangan menawar dengan harga yang terlalu rendah juga apalagi jika kamu membelinya di pasar tradisional. Tawarlah dengan harga yang wajar dengan memikirkan keuntungan yang didapat oleh penjual pakaian adat tersebut.

C. Catat Apa Saja yang Akan Kamu Beli

Karena biasanya pakaian adat memiliki aksesoris pendukung yang lengkap maka kamu harus mencatat apa saja yang akan kamu beli sebelum pergi ke pasar. Dengan mencatat aksesoris pelengkap dengan jenis pakaian adatnya maka kamu akan lebih mudah dalam bertransaksi jual-beli nantinya.

Nah, itu tadi beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat di Jawa Tengah dan tips yang bisa kamu gunakan saat akan membeli pakaian adat Jawa Tengah. Selamat berbelanja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + 8 =