Pakaian Adat Betawi: Rekomendasi Model dan Harga Terbaru 2019

baju betawi

Menurut sejarah, suku Betawi sebenarnya bukanlah suku asli dari DKI Jakarta. Namun karena adat-istiadat dan tradisi budaya dari suku ini sudah ada sejak dulu dan terkenal sebagai ikon budaya Jakarta, maka image yang melekat pada suku Betawi pastilah berhubungan dengan DKI Jakarta.

Gambangkromong, kerak telor, dan ondel-ondel adalah beberapa contoh budaya asli Betawi. Termasuk di dalamnya adalah pakaian adat Betawi.

Berbicara mengenai pakaian adat, masyarakat suku Betawi punya salah satu kebiasaan yang unik dan menjadi tradisi turun-temurun yaitu menggunakan pakaian adat Betawi.

Bagi mereka, menggunakan pakaian adat Betawi setiap hari adalah wujud kebanggaan tersendiri karena telah menjadi bagian dari kehidupannya.

Model pakaian adat Betawi memang berbeda sekali dengan pakaian adat dari suku lain yang ada di Indonesia. Pakaian adat yang satu ini memiliki aksesoris dan ciri khas tersendiri dimana orang yang menggunakannya tidak akan lengkap ketika tidak menggunakan aksesoris pendukungnya.

Pakaian adat suku Betawi sendiri dibedakan menjadi tiga macam yaitu pakaian adat khusus pria Betawi, pakaian adat khusus Wanita Betawi, dan pakaian adat khusus bangsawan Betawi.

Pakaian adat khusus untuk pria di Betawi biasanya berupa celana batik, baju Sadariah, baju pangsi, celana komprang, dan pakaian adat pengantin Betawi pria. Pakaian adat khusus wanita Betawi bisa berupa baju kurung, kain sarung batik, pakaian pengantin wanita.

Sedangkan pakaian adat khusus bangsawan Betawi mulanya hanya digunakan oleh para demang pada zaman dulu dan dikenal dengan baju Ujung Serong.

Seiring perkembangan zaman, pakaian adat Betawi Ujung Serong kini menjadi pakaian resmi untuk Pegawai Negeri Sipil yang bertugas di Pemerintahan DKI Jakarta dan hanya bisa dipakai untuk kaum pria saja.

5 Pakaian Adat Dari Betawi


Suku Betawi memiliki beberapa pakaian adat dengan model yang sangat unik. Bisa dibilang pakaian adat suku Betawi sangat lengkap karena ada selalu dilengkapi oleh beberapa aksesoris pendukungnya seperti kopyah atau peci, selendang untuk kaum pria, dan kerudung untuk kaum wanitanya.

Selain bisa digunakan untuk acara resmi, pakaian adat suku Betawi juga bisa digunakan untuk acara pernikahan maupun untuk pakaian sehari-hari. Sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Betawi menggunakan pakaian adat untuk kegiatan setiap harinya.

Adapun beberapa pakaian adat Betawi yang bisa kamu beli secara online adalah sebagai berikut ini.

1. Baju Sadariah

Harga: Rp. 105.000

Spesifikasi Baju Koko Sadariah
Ukuran MLingkar Dada : 106 cm
 Panjang : 72 cm
Ukuran LLingkar Dada : 112 cm
 Panjang : 74 cm
Ukuran XLLingkar Dada : 120 cm
 Panjang : 78 cm

Pakaian adat Betawi bernama baju sadariah ini memang sama seperti baju koko pada kebanyakan produk yang sering kamu lihat. Namun, ada sedikit perbedaan antara baju koko sadariah dengan baju koko yaitu pada motif bajunya.

Saat ini, perkembangan dunia fashion sudah semakin maju sehingga menyebabkan munculnya beberapa motif pada baju koko. Namun, hal ini tidak berpengaruh di pakaian khas Betawi sadariah ini. Dari dulu hingga sekarang, sebenarnya baju sadariah adalah baju koko berwarna putih tanpa ada motif apapun.

Biasanya, masyarakat Betawi akan menambahkan kain sarung di bagian pundak agar terlihat semakin menarik karena warna putih akan senada dan terlihat serasi bila dipadupadankan dengan motif sarung apa saja. Pakaian adat Betawi sadariah ini bisa kamu temukan dengan mudah di beberapa toko online dan offline yang ada di Indonesia seperti di Jakarta.

2. Celana Batik Khas Betawi

Harga: Rp. 26.000

Spesifikasi Celana Batik Betawi
Size 2Panjang celana 53 cm
Size 3Panjang celana 60 cm
Size 4Panjang celana 68 cm
Size 5Panjang celana 77 cm
Size 6Panjang celana 86 cm
Size 7Panjang celana 94 cm

Batik adalah salah satu motif pakaian asli dari Indonesia. Motif pakaian yang satu ini sudah diakui dunia sebagai salah motif pakaian terindah. Memang, jika dibandingkan dengan motif lain, batik lebih menonjol dan memiliki ciri khasnya sendiri. Mulai dari bentuk ukiran hingga garis motif batik yang khas.

Tidak jarang artis mancanegara menggunakan batik ketika sedang fashion show. Tentu saja hal ini menjadi kebanggaan sendiri bagi negara Indonesia. Di suku Betawi juga ada pakaian adat dari batik yang berupa celana. Celana batik ini biasanya digunakan untuk beraktivitas sehari-hari ataupun acara resmi.

Celana batik khas Betawi memiliki motif yang sangat berbeda  dengan motif batik dari daerah lainnya. Tidak hanya orang dewasa, tetapi anak-anak juga memakai celana batik ini. Dengan mengenakan celana batik khas Betawi ini berarti kamu sudah menanamkan cinta budaya sendiri sejak dini yang merupakan hal yang sangat penting dan wajib dilakukan.

3. Pakaian Adat Betawi untuk Pengantin

Harga: Rp. 1.350.000

Spesifikasi Baju Pengantin Betawi Wanita
Kategori Pakaian Adat Pengantin Betawi Wanita
Warna Merah
Ukuran All Size

Indonesia merupakan salah satu negara dengan suku bangsa yang sangat beragam. Dalam satu daerah saja ada lebih dari satu suku asli yang mendiami daerah tersebut. Salah satu acara yang pasti ada di setiap suku yang ada di Indonesia adalah acara pernikahan.

Pada acara pernikahan pastilah melibatkan beberapa adat-istiadat yang ada di dalam suku tersebut karena acara pernikahan di Indonesia memang merupakan acara sakral. Di Betawi misalnya, pada acara pernikahannya menggunakan salah satu pakaian adat Betawi.

Jika diperhatikan, pakaian adat Betawi untuk acara pernikahan ini sangat berbeda dari pakaian pengantin pada umumnya. Baik itu pada bentuk pakaiannya maupun pada aksesoris yang dikenakan oleh pengantin itu sendiri. Perbedaan paling mencolok adalah pada aksesoris yang digunakan yaitu pada bagian kepala sang pengantin wanita. Sebuah bandana indah dengan tambahan ornamen minimalis sebagai penutup wajah menjadikan penampilan pengantin wanita semakin cantik juga menarik.

4. Pakaian Adat Betawi Pangsi

Harga: Rp. 163.680

Spesifikasi Baju Pangsi Asli Betawi
1 PaketBaju dan Celana
UkuranS, M, L, dan XL
Warna Merah terang Hitam Biru Hijau

Baju pangsi adalah salah satu pakaian adat yang dimiliki oleh orang Betawi. Jika kamu pernah berkunjung ke Kota Jakarta, kamu pasti sudah pernah bertemu dengan orang Betawi yang menggunakan baju pangsi ini. Bagi masyarakat Betawi, baju pangsi tidak hanya bisa digunakan ketika menghadiri acara resmi saja, melainkan juga digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Bahkan, tidak jarang ditemui pedagang di pasar besar Jakarta yang menggunakan baju pangsi ini saat berdagang.

Memang, baju pangsi sangat nyaman digunakan dan tidak memberikan rasa panas sama sekali pada tubuh. Ini dikarenakan bahan dasar baju pangsi yang dibuat dari kain pilihan dan tentu saja memiliki kualitas yang tinggi. Inilah yang menyebabkan mengapa banyak orang menyukai baju pangsi dan menggunakannya sebagai baju harian meskipun baju pangsi termasuk ke dalam pakaian adat Betawi.

Saat pertama kamu mencoba baju pangsi ini maka kamu akan merasakan betapa nyamannya menggunakannya dan cocok untuk berbagai kegiatan. Biasanya penggunaan baju pangsi di lengkapi dengan beberapa aksesoris pendukung seperti songkok asli Betawi, sarung, dan sabuk besar yang dikenakan pada bagian perut.

5. Baju Abang None Betawi

Harga: Rp. 466.700

Spesifikasi Baju Abang Betawi
Size SUkuran 40 cm
Size MUkuran 43 cm
Berat350 gram

Bukan hanya pakaian adat yang digunakan untuk menjalani kegiatan setiap hari, suku Betawi juga memiliki sebuah baju adat yang khusus digunakan pada acara resmi seperti menghadiri pernikahan maupun acara resmi yang berasal dari kenegaraan.

Bagi kamu yang sering melihat acara abang none Jakarta, tentu kamu sudah tahu tentang baju abang ini. Memang, baju abang biasa digunakan untuk acara-acara resmi. Uniknya, baju abang tidak hanya digunakan baju saja, melainkan dilengkapi juga dengan songkok dan sabuk bermotif sama.

Harga: Rp. 185.000

Spesifikasi Pakaian Adat Betawi None
Ukuran S86 – 88 cm
Ukuran M90 – 92 cm
Ukuran L94 – 96 cm
Ukuran XL98 – 100 cm
Ukuran XXL105 cm
Bahan RokSemi Sutra Foil
Panjang Rok90 cm Full Karet

Tidak hanya laki-laki yang memiliki pakaian adat resmi Betawi, perempuan juga memiliki pakaian adat resmi yaitu baju kebaya. Pakaian adat none Betawi ini memang terkesan sederhana karena terkadang hanya polosan tanpa motif apapun. Ada juga pakaian None yang dihiasi dengan payet-payet bunga sederhana namun tetap terlihat sangat indah.

Pertanyaan Seputar Pakaian Adat Betawi (FAQ)


Artikel Terkait Pakaian Adat


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × five =