Pakaian Adat Jawa Barat: Rekomendasi Model dan Harga Terbaru 2019

pakaian adat jawa barat

Salah satu warisan budaya nenek moyang milik masyarakat Jawa Barat adalah pakaian adat Jawa Barat. Bila dilihat dari status sosialnya, pakaian adat Jawa Barat dibedakan menjadi 3 jenis yaitu pakaian adat untuk kaum bangsawan, pakaian adat untuk kaum menengah, dan pakaian adat untuk kaum jelata. Jika kamu amati, kamu bisa melihat perbedaan dari setiap jenis pakaian adat yang dimiliki masyarakat Jawa Barat.

Pakaian adat pria untuk kaum bangsawan biasanya terdiri dari jas tutup berbahan beludru warna hitam dan disulam dengan benang emas. Pakaian adat yang satu ini juga memiliki celana dengan motif serupa yang ditambah dengan kain dodot yang didesain bermotif rengreng parang rusak. Sedangkan pakaian adat Jawa Barat untuk bangsawan wanita berupa kebaya beludru berwarna hitam yang juga disulam dengan benang emas yang disertai dengan kain kebat dengan motif rereng.

Pakaian adat Jawa Barat untuk kaum menengah untuk pria terdiri dari baju bedahan putih dan kain kebat batik. Sedangkan pakaian adat wanita biasanya berupa kebaya beraneka warna, kain kebat batik, dilengkapi dengan beberapa aksesoris ikat pinggang, alas kaki, selendang berwarna, gelang, kalung, dan cincin emas untuk menambah keindahan pakaian ini.

Pakaian adat Jawa Barat untuk kaum jelata untuk pria dan wanita biasanya menggunakan pakaian dengan model yang sederhana. Untuk pria, biasanya rakyat jelata memakai baju kampret, sarung poleng, celana komprang dengan sabuk dari kulit atau dari kain. Sedangkan untuk wanitanya, biasanya menggunakan baju kebaya, kain batik panjang atau sijak kebat, ikat pinggang yang dilengkapi dengan selendang batik dan sandal jepit.

Rekomendasi Pakaian Adat Jawa Barat Murah Terbaik (Terbaru 2019)


Pakaian adat Jawa Barat merupakan salah satu contoh adat-istiadat milik masyarakat di provinsi Jawa Barat yang tidak berubah dari dulu hingga sekarang. Pakaian adat Jawa Barat merupakan identitas dan ciri khas dari setiap daerah karena beberapa bagian dalam pakaian adat memiliki arti tersendiri. Sebagai contoh, beberapa aksesoris yang ada di pakaian adat Jawa Barat. Ketika seseorang menggunakan pakaian adat Jawa Barat tetapi tidak disertai dengan aksesorisnya maka orang tersebut tidak bisa disebut sebagai pakaian adat Jawa Barat. Adapun beberapa pakaian adat Jawa Barat yang bisa kamu beli dengan harga terjangkau adalah:

1. Pakaian Adat Sunda

Harga: Rp. 175.000

Sunda adalah suku terbesar di Jawa Barat yang menempati sebagian besar provinsi Jawa Barat dan Banten. Meski berasal dari Jawa Barat, suku Sunda sudah menyebar luas ke seluruh Indonesia. Ini dikarenakan banyak orang Sunda yang memilih merantau ke luar Provinsi Jawa Barat dan menikah dengan orang luar kota. Selanjutnya, inilah yang menimbulkan munculnya beberapa kelompok orang Sunda di tempat baru sehingga kamu akan sering menemui orang Sunda meskipun tidak sedang di Jawa Barat. Tidak hanya masyarakatnya yang sudah menyebar ke seluruh Indonesia, sepertinya Bahasa Sunda juga sudah dikenal oleh masyarakat luas.

Suku Sunda sendiri memiliki pakaian adat yang juga menjadi pakaian adat Jawa Barat. Bentuk pakaian adat Sunda hampir sama dengan pakaian adat Jakarta, perbedaannya terletak pada aksesoris yang dikenakan oleh yang pemakaiannya. Di pakaian adat Sunda, kamu akan memakai aksesoris ikat kepala dan sabuk pada pinggang untuk menyempurnakan penampilan kamu. Biasanya, pakaian adat Sunda ini digunakan untuk acara resmi maupun untuk kegiatan sehari-hari. Untuk aktivitas atau kegiatan sehari-hari, biasanya masyarakat Sunda tidak menggunakan sabuk maupun ikat kepala.

2. Pakaian Adat Pangsi Sunda

Harga: Rp. 140.000

Pernahkah kamu menonton film yang mengangkat cerita masyarakat tanah Pasundan? Jika pernah, tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan pakaian adat yang satu ini. Baju pangsi memang menjadi pakaian adat dari Jawa Barat tepatnya pakaian adat yang dimiliki oleh suku Sunda dan Betawi. Pakaian adat pangsi sendiri memiliki beberapa warna yakni hitam, putih, dan merah. Biasanya, masyarakat Sunda menggunakan pakaian adat ini untuk menjalani rutinitas setiap hari. Baik itu saat berdagang maupun saat bersantai di rumah.

Baju pangsi sendiri sudah menjelma sebagai identitas bagi warga Sunda. Jika kamu pertama kali datang ke Jawa Barat dan bertemu dengan orang yang memakai baju pangsi, kamu bisa menebak bahwa mereka pastilah orang Sunda. Bagi kamu yang ingin membeli baju ini, baik itu untuk dewasa maupun anak-anak, kamu bisa mengunjungi beberapa toko online seperti Bukalapak di atas. Baju pangsi Sunda ini biasanya digunakan dengan beberapa aksesoris tambahan seperti keris kecil yang diletakkan di bagian saku, baik itu kanan maupun kiri, serta penutup kepala dari batok kelapa khas orang Sunda.

3. Pakaian Adat Pengantin Perempuan Sunda

Harga: Rp. 1.200.000

Pakaian pengantin yang digunakan pada acara resepsi atau acara yang bersifat resmi biasanya menggunakan pakaian adat pengantin daerahnya masing-masing. Ini dikarenakan pernikahan adalah acara sakral yang hanya satu kali dan seumur hidup.

Masyarakat yang ada di Indonesia khususnya pulau Jawa memang masih memegang teguh adat-istiadat dan hidup di dalam aturan adat-istiadat. Salah satu contohnya adalah acara pernikahan. Banyak sekali kebiasaan dan tradisi nenek moyang yang akan kamu temukan saat menghadiri sebuah acara pernikahan. Kamu bisa melihatnya dari pakaian adat pengantin yang dipakainya. Sama halnya seperti di daerah lain, di Jawa Barat juga ada pakaian adat yang khusus digunakan saat acara pernikahan.

Pakaian adat pengantin Jawa Barat memang memiliki keunikan tersendiri seperti warna dasarnya yang dikombinasi dengan warna biru dan hijau. Biasanya, pada perempuan akan menggunakan mahkota besar khas Sunda. Selain itu, pengantin perempuan juga mengenakan aneka roncean bunga kantil dan bunga mawar.

4. Pakaian Adat Pengantin Pria Sunda

Pakaian Adat Pengantin Pria Sunda

Harga: Rp. 399.000

Berbicara tentang pakaian adat pengantin Sunda, sudah pasti tidak hanya pakaian adat perempuannya saja yang akan dibahas, ada juga pakaian adat pengantin Sunda yang digunakan oleh pengantin pria. Masyarakat Sunda memang memiliki adat-istiadat yang hampir sama dengan suku Jawa apalagi tentang adat-istiadat saat acara pernikahan. Bahkan, pakaian yang digunakan oleh pengantin Sunda hampir sama dengan pakaian yang digunakan oleh pengantin Jawa.

Memang, ada sedikit persamaan tentang adat Sunda dan adat Jawa. Di Suku Sunda, pengantin pria biasanya mengenakan baju adat yang disebut dengan baju Basofi. Pakaian adat pengantin pria sunda ini terdiri dari dua baju. Baju dalaman biasanya berwarna putih tanpa lengan. Sedangkan baju bagian luar berbentuk jas atau biasa disebut dengan baju Basofi. Untuk warnanya pun ada beberapa macam warna, tidak hanya mocca seperti produk di atas saja. Ada juga Basofi yang berwarna merah, biru, hijau, dan masih banyak lagi. Biasanya, pakaian adat pengantin Sunda untuk pria ini warnanya disesuaikan dengan warna pakaian pengantin adat Sunda yang digunakan oleh perempuan.

5. Pakaian Adat Perempuan Sunda

Harga: Rp. 130.000

Kebaya sepertinya menjadi salah satu pakaian adat yang ada di Pulau Jawa. Bahkan, semua provinsi maupun daerah yang ada di Pulau Jawa pastilah memiliki pakaian adat model kebaya ini. Memang, tidak bisa dipungkiri jika setiap perempuan yang menggunakan kebaya pastinya memiliki penampilan yang lebih bagus dan juga lebih menarik sebab model kebaya memang pas di badan dan berbentuk sesuai dengan model tubuh setiap pemakainya.

Salah satu suku di Jawa Barat yang menjadikan kebaya sebagai pakaian adatnya adalah suku Sunda. Di suku Sunda, masyarakatnya tidak hanya menggunakan kebaya saat acara resmi saja namun juga untuk keseharian. Jika kamu ingin dengan mudah menemukan masyarakat Sunda yang sedang menggunakan kebaya, hadirlah saat ada acara resepsi pernikahan maupun acara kebudayaan resmi dari pemerintah Kota Bandung. Kebaya suku Sunda ini terbuat dari kain brokat glitter sehingga tidak akan menimbulkan rasa panas ketika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Uniknya, ketika menggunakan kebaya ini kamu diharuskan mengenakan aksesorisnya juga yang berupa bros besar di bagian dada.

Pertanyaan Seputar Pakaian Adat Jawa Barat (FAQ)


Artikel Terkait Pakaian Adat


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + fifteen =